Sunday, March 11, 2018

Cara agar busi mati bisa kita pakai kembali

Saya akan membahas artikel tentang bagaimana cara agar busi yang sudah mati bisa kita pakai kembali. anda pasti pernah mengalami pada saat anda sedang bepergian tiba-tiba motor anda mogok di jalan dan saat dicek ternyata busi anda mati dan disaat itu pula anda tidak membawa busi cadangan atau anda berada di posisi yang jauh dari bengkel atau toko sparepart motor, pasti sangatlah menjengkelkan dan menjadi pengalaman terburuk dan sangat pahit apalagi jika anda mengalami hal ini di waktu malam hari. Saya pun juga pernah mengalami kejadian seperti itu, tetapi untung saja pada waktu mengalami kejadian itu saya langsung teringat dengan ucapan yang pernah diajarkan guru saya kepada saya mengenai menghadapi masalah seperti ini dan ternyata terbukti berhasil.
Berikut cara mengatasi agar busi yang mati bisa kita gunakan kembali di saat keadaan darurat.
Pertama pastikan dahulu apakah benar busi anda mati atau bermasalah, cara mengeceknya anda copot busi anda lalu pasangkan busi ke cop kepala busi kemudian tempelkan ujung busi ke permukaan luar mesin motor anda dan hidupkan kontak terus engkol kick staternya, jika busi tidak ada percikan api, anda jangan langsung yakin jika busi anda memang mati melainkan cek terlebih dahulu pengapian dari coilnya, cara mengecek pengapian dari coil, copot kepala cop busi lalu tempelkan kabel busi yang telah anda copot cop kepala businya kemudian tempelkan ke permukaan luar mesin seperti tadi dan engkol kick staternya lagi, jika kabel busi dari coil keluar percikan api maka sangatlah benar dan yakin kalau busi anda mati.
Jika sudah yakin busi anda yang mati maka inilah yang harus anda lakukan.
Pecahkan plastik atom yang ada di dalam busi dengan menggunakan paku dan pukul dengan keras agar cepat pecah, jika anda sedang berada di jalan waktu bepergian maka anda juga bisa menggunakan benda besi tajam yang kuat di sekitar anda dan pukul dengan batu. Plastik atom pada busi ini berada di dalam busi yang berhubungan dengan ujung cenilan kecil yang berada di bawah penutup atau dengan kata lain titik fokus pengatur percikan api ( plastik atom ini sebenarnya berwarna putih tetapi karena sudah sering digunakan maka warna berubah menjadi hitam karena proses pembakaran).
http://seputar-bengkel.blogspot.com
Setelah plastik atom sudah pecah dan sudah tidak tersisa lagi maka pasang kembali busi ke mesin motor anda, dipastikan mesin motor anda pasti bisa hidup kembali dan berjalan lancar seperti tidak terjadi apa-apa. Tetapi jika anda sudah sampai bengkel atau toko sparepart maka segera ganti busi anda dengan busi yang baru.
Saya menyarankan bahwa cara seperti ini digunakan pada waktu keadaan darurat saja, jangan sampai berlarut larut bahkan jangan sampai menunggu businya mati kembali, karena jika anda gunakan sampai berlarut larut maka motor anda sangat riskan dengan kerusakan karena pembakaran yang tidak sempurna yang disebabkan oleh percikan api dari busi yang menyebar.
Cukup sekian tips dan cara dari saya mengenai cara mengatasi busi yang mati di waktu keadaan darurat agar bisa digunakan kembali, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk anda. Terimakasih sudah membaca artikel dari saya dan selamat melanjutkan aktifitas anda kembali.

No comments:

Post a Comment