Wednesday, March 14, 2018

Cara mengetes pengisian pada alternator Vios



Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengetes dinamo alternator vios, dinamo alternator berfungsi untuk pengisian atau cas otomatis pada aki mobil yang langsung menuju dan menghubungkan semua kelistrikan pada mobil terutama lampu,ac,audio dan komponen kelistrikan penting lainnya.
Alternator sangat berperan penting pada mobil, jika alternator tidak berfungsi dengan baik maka semua kelistrikan yang ada pada mobil akan eror dan tidak stabil. Maka jika kelistrikan pada mobil anda kurang bagus alangkah baiknya jika anda mengecek dahulu di akinya tetapi jika akinya sudah di cek dan ternyata bagus anda bisa langsung cek alternator mobil anda.
Berikut cara mengetes alternator pada Toyota Vios. Langkah pertama copot alternator dari mobil anda kemudian siapkan aki anda, jika ada pakailah aki cadangan saja atau aki yang biasa anda gunak untuk jamper mobil anda pakai aki motor pun sebenarnya juga bisa, siapkan dua kabel yang akan disambungkan ke plus minus aki dan lampu indikator, gunakan lampu sen motor dan vitingnya untuk lampu indikatornya. 

Lihat soket pada gambar di atas.

Jika semua sudah anda siapkan lakukan langkah berikut ini.
Di bagian soket alternator ada 3 kabel berwarna kuning,merah dan biru.
Setelah itu merah dan biru anda jadikan satu dan biarkan kabel kuning sendiri.
Kabel merah dan biru merupakan IG dan S, sedangkan kabel kuning L. IG berarti Ignition atau kontak, S berati Starter dan L adalah Lampu.
Pasangkan kabel merah dan biru ke kabel plus aki dan pasangkan ke besi plus alternator yang terletak di sebelah kanan soket seperti gambar di atas.
Pasangkan lampu indikator ke kabel kuning, lampu indikator memiliki 2 kabel, satu kabel terpasang ke kabel kuning dan yang satu kabel lagi pasangkan dan gabungkan ke kabel biru,merah dan kabel plus aki kemudian jepitkan ke plus alternator yang terletak di sebelah kanan soket tadi.
Selanjutnya pasangkan kabel min aki ke body alternator, maka lampu indikator pun menyala kemudian putar puley alternator menggunakan bor atau tarik dengan tali sepanjang kurang lebih satu meter. 
Jika lampu indikator mati pada saat anda memutar puley alternator dan menyala kembali saat anda berhenti memutar pulley alternator berarti alternator mobil anda normal, tetapi sebaliknya jika lampu indikator tetap menyala saat anda memutar pulley maka dapat dipastikan alternator anda rusak dan tidak dapat mengisi dengan baik.
Oke cukup sekian sobat artikel dari saya semoga bisa bermanfaat untuk anda dan terimakasih sudah membaca artikel tentang tutorial dari saya.

Saya ingatkan, pada saat anda menyambungkan kabel jangan sampai salah atau terbalik karena jika sampai kabel salah atau terbalik maka akan terjadi konslet pada alternator, dan akan masih ada banyak lagi mengenai tutorial cara tes alternator tetapi saya membahas tentang toyota vios terlebih dahulu karena setiap mobil berbeda cara mengetesnya.

No comments:

Post a Comment