Saturday, March 17, 2018

Cara tes delco Honda Genio


Cara tes delco Honda Genio langsung menggunakan aki ini sebenarnya sangatlah mudah dan simpel, akan tetapi jika kita salah menyambungkan kabel akan terjadi kesalahan fatal yang menyebabkan delco menjadi konslet atau bahakan coil jebol.
Di artikel saya yang sebelumnya juga sudah pernah membahas mengenai seputar delco juga akan tetapi artikel sebelumnya mengenai cara tes pulser menggunakan multitester, jika anda belum pernah membacanya anda bisa baca cara tes pulser menggunakan multitester, dan sekarang saya akan bahas cara tes delco atau keseluruhan delco yang juga di dalamnya mengandung beberapa komponen delco seperti Coil,CDI/Igniter,Pulser,Rotor dan lain sebagainya yang berada di dalam delco.
Perhatikan gambar kabel soket 

Oke tanpa menunggu lama marilah kita lihat gambar soket di atas.
Cara mengetes delco Honda Genio, langkah pertama siapkan aki dan kabel plus,minus aki serta lampu indikator ( gunakan lampu sen/riting dan viting motor) seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di artikel lain saya. Mengapa saya selalu menyarankan pakai lampu infikator? Karena jika anda ada salah kabel maka lampu indikatornya yang akan terputus dan tidak langsung memutus aliran dari barang yang akan kita tes dan bisa menjadi konslet.
Jika sudah semua tersedia, hubungkan plus dari aki ke plus delco ( plus delco yang kabel besar dan posisi soket ada di sebelah kanan seperti yang terlihat pada gambar ), dan kabel plus delco yang berwarna hitam bergaris kuning.
Setelah itu taruhlah besi atau media untuk percikan api dari coil delco di depan coil delco serta menyambungkan kabel untuk groundnya dan kabel ground juga disambungkan ke minus aki, dan lampu indikator kemudian jepitkan ke body delco, jika semua sudah tersambung dengan benar, tempelkan secara berkala ( jangan dipanjer) kabel lampu indikator ke kabel soket delco yang soketnya berjumlah 7 kabel dan pilih yang kabelnya menyendiri, kabel yang menyendiri itulah yang digunakan untuk arus percikan api dari koil saat mengetes delco Honda Genio. Jika anda sudah benar posisi kabel-kabel yang tersambung tadi maka jika kabel dari lampu indikator ditempelkan ke kabel percikan delco maka dari coil akan keluar percikan api yang mengarah ke besi atau media untuk sambungan kabel ground tadi. Jika koil sudah keluar percikan api maka bisa dikatakan coil dan igniter dari delco tersebut normal, setelah selesai mengetes koil dan igniternya, anda hanya tinggal tes pulsernya saja dengan menggunakan mutitester. Bisa anda baca cara tes pulser pada mobil.
Saya rasa cukup sekian artikel dari saya semoga wawasan dan pengetahuan anda bisa bertambah dan juga saya berterimakasih karna anda sudah baca artikel ini.




No comments:

Post a Comment