Friday, March 23, 2018

Cara membedakan selang tekanan power steering asli ori dengan selang power steering KW

Cara membedakan selang tekanan power steering asli ori dengan selang power steering KW, Kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan selang power steering asli dan kw.
Selang power steering asli atau kw sangat berpengaruh sekali dengan setir mobil antara ringan atau beratnya kemudi, jika yang anda pakai adalah selang power steering kw maka bisa jadi setir anda berat dan pastinya tidak nyaman untuk dikemudikan, sangat berbeda jika anda menggunakan selang power steering yang original (asli buatan produk pabrikan mobil ). Selang power steering yang kw tidak hanya bermasalah dengan berat atau ringan setir saja tetapi juga dalam masalah saat selang mengalirkan atau mensuplay oli ke rack en atau worm maka bisa jadi adanya suara dengungan keras yang disebabkan oleh selang kw tersebut. Bukan hanya itu saja, untuk masalah kualitas pastinya juga jauh berbeda dengan yang asli. Ada yang bisa awet hanya 1 bulan atau bahkan kurang dari satu bulan, untuk masalah fisik memang sulit untuk membedakan antara asli atau kw karena fisiknya sama persis tetapi ada juga yang bentuk fisiknya berbeda walaupun sama type dan merk mobilnya. Maka dari itulah saya akan mberikan tutorial untuk cara membedakannya. Berikut perbedaan antara selang power steering asli dengan selang power steering kw.



Jika anda sulit membedakan dari segi bentuk fisik maka anda bisa membedakan dari segi sifat kelenturan selang tersebut, selang yang asli biasanya bersifat sangat lentur dan fleksibel dan berbahan murni 100% karet dan ujung selang yang dikaitkan ke pompa power steering dan rack en atau worm berbahan besi murni maka sulit untuk dibengkokkan, bahkan di bagian karet selang power steeringnya terdapat label atau kode maupun merk pabrikan resmi misalnya Honda,Suzuki,Toyota dan yang lainnya. Bahan karet yang digunakannya pun tebal dan tidak mudah bocor pada saat terpasang di mobil anda, serta suplay oli ke worm pun lancar dan tidak terasa berat. Sedangkan untuk selang power steering KW memiliki ciri-ciri yang sangat jauh berbeda, selang power steering KW biasanya bersifat kaku dan tidak fleksibel tidak seperti selang power steering asli, selain bersifat kaku dan tidak fleksibel selang KW ini juga bahannya terbuat dari kain bahkan kain untuk pembungkus lapisan alumunium selang power steering KW ini sangat tipis dan mudah panas sehingga menyebabkan oli merembes bahkan bisa terjadi bocor sampai-sampai timbul suara dengungan seperti yang saya katakan tadi, untuk ujung yang dikaitkan ke pompa power steering berbahan besi sama seperti selang power steering asli tetapi besi tipis dan mudah untuk dibengkokkan seperti alumunium. Untuk body atau kain pembungkus alumunium selang power steering KW ini tidak memiliki kode atau label maka terlihat polos. Namun ada juga yang berbahan karet namun jenis karet yang dipakai sangat jauh berbeda. Bahan karet yang dipakai pada umumnya tipis dan sangat kaku bahkan mudah panas juga pada saat terpasang pada mobil anda.
Jadi itulah perbedaan dan ciri-ciri selang power steering asli dan KW, maka anda harus benar-benar jeli untuk memilih selang ini agar tidak salah pilih untuk perawatan mobil anda. Lebih baik mahal sedikit dari pada harga murah tetapi tidak menjamin kualitasnya :D. Oke sobat cukup sekian artikel dari saya semoga bisa menambah wawasan anda mengenai perbedaan selang power steering asli dan KW. Semoga dapat berguna dan membantu untuk anda dan terimakasih sudah membaca artikel dari saya.

2 comments:

  1. Pak. Saya mau tanya kalau dalam selang power steer yg tekanan tinggi ada uliran seperti pipa kecil panjang 30 cm itu gunanya untuk apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah maksud bapak uliran yg seperti kawat itu? Yg ada di dalam lapisan karet selang power steeringnya? Jika itu yg ditanyakan,uliran itu untuk mencegah atau memeperkuat agar selang tidak mudah bocor pak maka diberi pelapis uliran seperti kawat dan uliran itu hanya digunakan pada lapisan selang highpress atau tekanan tinggi.

      Delete