Wednesday, March 14, 2018

Cara tes pulser pada mobil menggunakan multitester

  
     
Hai sobat, kali ini saya akan memberikan cara bagaimana cara mengetes delco pulser dengan menggunakan multitester.
Pulser merupakan komponen dari delco yang berfungsi untuk penentu timing pengapian pada mesin kendaraan berbahan bakar bensin dan berfungsi untuk membantu proses pengapian coil igniter pada mobil anda.
        pulser sendiri berhubungan langsung dengan I.C atau igniter delco dan terletak tidak jauh dengan I.C atau igniter delco, ada juga yang terletak memisah dengan delco. Pulser yang letaknya terpisah dengan delco biasanya menggunakan coil dan igniter luar seperti yang digunakan untuk bandrek atau modifikasi Toyota kijang,hartop, dan daihatsu taruna.
        Ada juga yang menggunakan dua pulser yaitu toyota corola s.e atau yang sering dikenal dengan nama toyota great, pulser toyota great berada diposisi dalam delco dan terletak atas bawah. 
       Berikut cara mengetes pulser menggunakan multitester, pertama putar multitester diangka 0,25ohm kemudian tempelkan plus minus kabel multitester ke kabel soket pulser, kabel plus minus pulser bebas, jika kabel plus minus multitester dan pulser sudah terhubung, putar rotor hingga melewati maghnet pulser jika sudah melewati maghnet, putar rotor secara bolak balik yang penting besi pada rotor berhubungan dengan maghnet pulser, tetapi jika pulser yang sudah lepas dari rumah delco anda bisa mengetesnya dengan cara menggunakan kertas dan ujung obeng atau besi, caranya tempelkan kertas ke maghnet pulser lalu gerakan ujung obeng atau besi tadi ke maghnet pulser tersebut jangan sampai menempel tetapi cukup maghet pulser ada daya tarik dengan ujung obeng saja, jika jarum multitester bergerak acak berarti pulser masih berfungsi dengan baik tetapi jika jarum multitester hanya diam bisa dipastikan pulser tersebut mati. Ciri fisik pulser yang masih bagus biasanya berwarna hijau dan tembaga lilitan masih tertata rapi di dalam plastik pulser dan ciri pulser yang rawan mati biasanya berwarna kuning atau warna hijau yang memudar dan lilitan tembaga di dalam pulser sedikit demi sedikit keluar karena plastik atom pulser yang sudah rapuh. Jika pulser sudah memiliki ciri-ciri kerusakan seperti itu maka segeralah ganti pulser anda karena sangat berpengaruh dengan kelancaran pengapian delco pada mobil anda. Saya menyarankan sebaiknya ganti pulser anda dengan pulser second yang masih bagus dan yang jelas original dan yang pasti harga lebih murah dan barang bisa lebih awet, karena jika dibandingkan dengan pulser baru kebanyakan pengalaman tidak begitu awet dan tidak original, yang pasti masalah harga juga lebih tinggi. Pulser second bisa anda dapat di toko sparepart singapuran di sekitar anda, jika sekitar anda tidak mendapati toko sparepart singapuran maka anda bisa cek di toko online shop. Sparepart mobil singapuran bisa dijamin original dan yang pasti bisa lebih awet, sudah banyak yang membuktikan terutama pada pengalaman saya sendiri.
       Demikianlah cara dari saya mengenai tutorial cara tes pulser menggunakan multitester, terimakasih sudah membaca artikel dari saya dan semoga bisa bermanfaat juga menambah pengalaman anda. Selamat beraktifitas kembali.
       
       
      

No comments:

Post a Comment