Monday, March 13, 2023

Cara menyetel karburator Suzuki Satria F agar lebih irit

ilustrasi gambar

 Cara menyetel karburator Suzuki Satria F agar lebih irit.

Karburator merupakan komponen yang sangat penting pada motor, karburator berfungsi untuk proses pembakaran.

Karburator bertugas untuk mengumpulkan dan mencampur udara serta bahan bakar dari kendaraan.

Sehingga bahan bakar bisa menjadi lebih mudah terbakar dan menjadi tenaga pada motor.

Tapi apa yang terjadi jika kita salah dalam menyetel atau meyenting karburator? Jawabannya adalah karburator akan menjadi lebih boros bahan bakar dan motor pun tidak bertenaga dan mengalami brebet atau tersendat.

Maka dari itu disini saya akan memberikan tips bagaimana cara menyetel karubarator agar bisa lebih irit dan pastinya tetap bertenaga terlebih pada motor Satria F.

Bagaimana caranya dan apa saja langkah-langkahnya, mari kita bahas.

Ilustrasi karburator

Langkah pertama.

Pertama hidupkan mesin terlebih dahulu motor Satria F anda, kemudian putar setengah gas saja, tidak perlu full gas ya.

Kemudian jika sudah maka putarlah jarum setelan angin-angin ke kanan atau serarah jarum jam sampai habis/mentok (posisi mesin tetap hidup).

Maka biasanya mesin akan mati dengan sendirinya jika setelan angin sudah habis/mentok.

Jika mesin mati dengan sendirinya maka hidupkan kembali mesin motor Satria F anda dan gas tetap diputar setengah agar tidak mati.

Kemudian langkah berikutnya putar kembali jarum setelan angin-angin ke kiri atau berlawanan arah jarum jam. Putar ke kiri dengan hitungan 2,5 putaran saja, cara menghitung putarannya, titik awal mentok putaran ke kanan tadi dan putar lagi ke kiri ke titik yang sama ke putaran awal mentok tadi itu hitungannya 1 putaran, jadi hitunglah sampai 2,5 putaran.

Kemudian lepas putaran gas dan mesin tidak akan mati, jika sudah kita baru mencari langsamnya mesin motor, caranya putar setelan jarum stationer menurut filing anda sendiri, jika dirasa cukup langsam dan stationer sudah setabil maka cara pertama sudah selesai.

Ilustrasi karburator

Cara yang kedua.

Cara yang kedua ini juga cukup berpengaruh pada stelan karburator agar bisa tetap irit bahan bakar namun juga tetap bertenaga.

Caranya buka tutup jarum skep yang berhubungan dengan kabel gas, biasanya Satria F menggunakan dua baut untuk membuka tutup jarum skepnya.

Jika sudah terbuka, copot per yang ada di jarum skep agar pengunci jarum skep mudah terbuka.

Jika sudah terbuka copot jarum skepnya dan posisikan ring kecil yang ada di jarum skep ke posisi garis nomor tiga dari atas. Karena itu adalah ukuran setandart setelan pada motor.

Lalu apa yang terjadi jika posisi ring kecil berada di garis nomor satu atau dua? Ya bisa lebih irit namun motor menjadi kurang bertenaga, kalau di posisi garis nomor empat atau lima, motor cenderung lebih boros bahan bakar namun motor jadi ngempos.

Jika kedua cara diatas sudah dilakukan maka sudah selesai cara menyetel karburator Satria F agar lebih irit. Dan bisa anda bandingkan tingkat keborosan dan keiritannya pada setelan sebelumnya.

Itulah pembahasan saya mengenai tips agar karburator tetap irit dan bertenaga.

Jika ada yang perlu ditanyakan, boleh tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah.

1 comment: