Sunday, March 05, 2023

Keistimewaan Wuling Air ev

 

Ini Keistimewaan Wuling Air ev, Mobil Listrik Yang Kini Menjadi Mobil Dinas Kemenko Marves

Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah memilih beberapa mobil listrik yang rencananya akan digunakan sebagai kendaraan dinas.

Ada dua merek dagang mobil yang dipilih oleh Luhut sebagai kendaraan dinasnya, yaitu: Toyota bZ4X dan juga Wuling Air ev dengan jumlah masing-masing unitnya 7 dari Toyota bZ4X dan 6 lainnya dari unit Wuling Air ev.

Alasan Luhut memilih mobil listrik ini lantaran Indonesia memiliki tingkat polusi udara yang tinggi serta polusi udara ini terus meningkat hingga 70%, itu hanya di daerah perkotaan saja belum daerah lainnya.

Penggunaan mobil listrik sebagai mobil dinas juga merupakan salah satu penerapan dari Intruksi presiden (Inpres) No 7 Tahun 2022.

Walaupun ada dua merek dagang besar yang ditunjuk untuk mewakili kendaraan dinas Kemenko Marves, kali ini saya tertarik untuk membahas salah satu merek dagang yang cukup menarik perhatian, yaitu Wuling Air ev, mari kita bahas!

Spesifikasi dan Keistimewaan Wuling Air ev

Sebenarnya, merek dagang mobil yang tergolong mungil ini memiliki dua tipe, yaitu: Standard Range dan Long Range. Kira-kira apa yang membedakan dari kedua tipe mobil yang ditawarkan? Simak penjelasan berikut ini:

Tipe Mobil Wuling Air ev Standar Range

Mulai dari lampu yang digunakan, lampu bagian depan Wuling Air ev Standar Range mengunakan lampu crystal multi reflector.

Bagian garis depan logo Standar Range tidak bisa menyala namun memiliki aksen atau variasi chrome dan piano black

Ukuran velg ban yang digunakan untuk seris Standar Range adalah Ring 12" profile 145/70 dengan rem depan cakram dan rem belakang masih tromol.

Panjang atau dimensi Wuling Air ev Standar Range tidak sampai 3meter sehingga mobil ini tergolong mobil dengan bentuk mungil. Detail ukuran dimensi Wuling Air ev Standar Range adalah 2.974 mm P x 1.505 mm L x 1.631 mm T.

Wuling Air ev Standard Range memiliki design yang unik, hal tersebut terlihat dari handle yang dimiliki mobil ini masih berbentuk cungkil namun di design vertikal mirip seperti handle yang dimiliki mobil Nissan Terano, Nissan Juke, dan Honda Civic Genio. Hal unik lainnya terdapat pada design kaca penumpang belakang dibuat besar dan vertikal

Tone warna yang ditawarkan mobil ini juga cantik dan terlihat elegan sehingga terlihat mewah dan enak di pandang.

Ada 5 tone warna pilihan yang di tawarkan oleh Wuling Air ev, yaitu: Pristine White, Lemon Yellow, Avocado Green, Peach Pink, dan Galaxy Blue.

Spion yang digunakan pada Standard Range masih menggunakan jenis spion mobil standar trance sehingga sepion ini belum bisa auto folding atau melipat secara otomatis. Pada sepion mobil sudah terdapat lampu sein.

Dikarenakan mobil ini masih standar trance, maka kunci mobil yang digunakan pun belum keylees dengan model flip.

Pada kunci mobil Wuling Air ev Standard Range terdapat 3 tombol, yaitu: tombol buka, tombol tutup, dan tombol bagasi.

Pada bagian depan mobil terdapat kap kecil seukuran satu jengkal pria dewasa. Jika dibuka, maka akan di dapati aki, air wiper, master rem, serta sistem electrik untuk menjalankan mobil.

Kapasitas batrai yang digunakan pada mobil Wuling Air ev Standard Range memiliki tenaga 17,3 KWH yang dapat menempuh jarak kurang lebih 200 KM.

Tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini akan disalurkan melalui Single Reduction Gear. Untuk sistem penggerak yang digunakan, mobil Wuling Air ev Standard Range menggunakan sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD), hmmm kecil-kecil cabe rawit ya!

Tempat pengisian baterai terdapat pada bagian depan mobil, pasny di bagian logo mobil Wuling. Cara membukanya  mudah, cukup tekan saja bagian logo mobil, maka tutup tempat pengechasan akan terbuka secara otomatis.

Waktu yang dibutuhkn untuk mengisi daya kembali pada mobil ini sekitar 8,5 jam dengan daya mobil sekitar 2.200 Watt dari kondisi batrai 20% ke 80%

Bagian belakang mobil sudah dilengkpi dengan rear kamera. ampu belakang mobil masih menggunakan box lamp dan dibawah lampu belakang dilengkapi dengan dua sensor mundur.

Bahan yang digunakan pada mobil Wuling Air ev Standar Range menggunakan bahan door trim plastik keras. Selain itu, jok mobil ini dibuat menggunakan bahan fabric.

Mobil Wuling Air ev Standar Range sudah memiliki tiga pengaturan pengendara. Ada eco, normal, dan sport. Jika mencari tombol hazard, cari saja di bagian atas sepion tengah mobil.

Jika menginginkan mobil tipe Wuling Air ev Standar Range, pembeli harus mengeluarkan dana sebesar Rp 243.000.000 untuk harga on the road (OTR). Dengan harga tersebut pembeli sudah mendapatkan fitur mobil yang mumpuni seperti:

  • IP67 Waterproof Battery
  • Easy Home Charging System 
  • 2 Airbags dan
  • Roomy 4-Seater

Bagaimana, tertarik untuk membeli mobil ini? Tunggu update selanjutnya untuk mengetahui spesifikasi dan keistimewaan  mobil Wuling Air ev tipe Long Range di artikel berikutnya.

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment