Friday, March 03, 2023

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

sumber gambar: Shopee

Baru-baru ini motor 2 tak Kembali naik daun lagi dikalangan masyarakat terutama bagi para anak muda, setelah beberapa waktu lalu ditinggalkan oleh banyak kalangan masyarakat yang disebabkan oleh karena tidak lolos uji emisi pada peraturan euro tahun 2005 lalu yang berdampak pada motor 2 tak yang terpaksa harus stop produksi.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa motor 2 tak sebenarnya motor yang enak untuk dikendarai di berbagai medan seperti jalan lurus bahkan dijalan menanjak pun tetap bertenaga, dan perawatannya yang mudah, motor 2 tak juga dikenal memiliki power dan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan motor 4 tak.

Motor 2 tak kini sudah menjadi incaran dikalangan para kolektor karena keberadaannya yang bisa dikatakan sudah langka, tapi ada juga motor 2 tak yang masih sering di jumpai di jalan raya di beberapa daerah di Indonesia.

Meski motor 2 tak terkenal dengan tenaga dan power yang besar dan juga sering disebut dengan motor speed kencang, namun motor 2 tak juga bisa memiliki masalah pada power dan tenaganya lho jika perawatannya kurang baik.

Nah disini yang akan saya bahas yaitu apa penyebab motor 2 tak tidak bertenaga, bagi kalian yang sedang bingung memikirkan apa sih yang membuat motor 2 tak saya kurang bertenaga? Maka dari itu mari kita simak satu persatu penyebab motor 2 tak tidak bertenaga.

1.      Pengapian Lemah.

Sistem pengapian pada kendaraan bermotor merupakan komponen yang sangat penting untuk membantu kinerja pada motor yang memiliki fungsi menghasilkan percikan bunga api di dalam ruang bakar.

System ini diperlukan untuk dapat menghasilkan pembakaran setelah kompresi di ruang bakar, dengan begitu akan terjadi dorongan dan motor dapat bergerak.

Maka kesimpulannya jika system pengapian lemah atau rusak maka bisa membuat peforma motor menurun. Masalah pengapian yang lemah ini juga menjadi masalah yang cukup sering terjadi pada motor.

System pengapian pada motor terdiri dari, spul , koil, dan busi.

2.      Setelan karburator kurang pas/kurang tepat

Karburator pada motor berfungsi untuk proses pembakaran, komponen ini bertugas mengumpulkan dan mencampur bahan bakar serta udara dari kendaraan, sehingga bahan bakar jadi lebih mudah terbakar dan menjadi tenaga pada motor.

Jadi kesimpulannya jika setelan karburator kurang pas akan mengakibatkan motor membutuhkan konsumsi bahan bakar berlebih dan tidak efisien yang menyebabkan hanya boros bahan bakar namun motor tidak bertenaga.

Hal ini dikarenakan terjadi kebocoran bensin dan proses pembakaran di ruang bakar menjadi tidak sempurna dan mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar tidak lagi dalam rasio yang tepat.

Di artikel sebelumnya saya juga sudah pernah membahas artikel bagaimana cara menyetel karburator dengan benar, jika anda ingin membacanya maka anda bisa kilik link disini.

3.      Knalpot kotor

Knalpot berfungsi untuk membuang sisa pembakaran yang sudah di proses di ruang bakar pada motor, knalpot motor 2 tak sangat berpengaruh penting pada motor 2 tak untuk menghasilkan tenaga.

Knalpot 2 tak rentan terhadap kotoran atau kerak oli yang ditimbulkan karena sisa oli samping yang tidak ikut terbakar bersamaan dengan bahan bakar, karena pada dasarnya motor 2 tak menggunakan oli samping untuk proses pembakarannya. Sedangkan oli mesin hanya digunakan untuk melumasi bagian transmisi saja.

Jika knalpot motor 2 tak kotor maka akan menghambat proses pembuangan sisa pembakaran yang membuat motor 2 tak kurang bertenaga dan hanya nahan di RPM atas atau motor kurang los larinya.

Maka knalpot 2 tak sebaiknya rutin dibersihkan secara berkala setiap 1 bulan sekali, jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membersihkan knalpot 2 tak dengan mudah maka anda bisa baca juga artikel yang sebelumnya saya bahas mengenai cara membersihkan knalpot 2 tak dengan mudah.

4.      Aus Pada Piston dan Ring Piston.

Piston pada motor berfungsi untuk mengatur volume silinder, menghisap udara ke dalam silinder, mengompres campuran bahan bakar dan udara, mengubah daya ekspansi pembakaran menjadi energi mekanik serta mendorong gas sisa pembakaran keluar.

Piston dan ring piston yang sudah aus memiliki dampak negatif ke mesin motor, yang menyebabkan peforma motor menurun karena kompresi jadi bocor dan turun akibat ring piston lemah. Pastinya bisa menyebabkan motor 2 tak menjadi tidak bertenaga karena motor 2 tak sensitive terhadap kebocoran kompresi.

5.      Stang Piston Oblak

Stang piston merupakan salah satu komponen mesin motor yang berfungsi untuk menghubungkan poros engkol dengan silinder.

Stang piston yang oblak menyebabkan suara brisik pada mesin dan juga menyebabkan adanya kebocoran kompresi yang membuat motor 2 tak tidak bertenaga, karena dorongan ke piston yang melemah.

6.      Faktor Usia Kendaraan.

Factor usia pada motor juga sangat berpengaruh pada peforma motor, maka kita perlu memberi perhatian lebih pada perawatan motor 2 tak kita supaya peforma tetap terjaga.

7.      Kampas Kopling Mulai Habis.

Kampas kopling berfungsi sebagai pemutus dan penyalur tenaga putaran mesin dari poros engkol atau sederhananya sebagai penyalur tenaga dari mesin ke transmisi.

Ketika kampas kopling sudah habis, tenaga yang disalurkan dari mesin tidak akan tersalur secara maksimal. Hal ini bisa menyebabkan mesin motor terasa tidak responsive di setiap posisi gear atau gigi transmisi.

Tenaga motor juga akan jauh terasa tidak bertenaga saat berada di putaran awal mesin.

8.      Filter Udara Kotor.

Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara dari berbagai partikel asing seperti debu dan kotoran agar tidak masuk ke karburator lalu ke mesin.

Kotoran pada filter udara akan menghambat asupan udara yang diperlukan oleh mesin. Akibatnya proses pencampuran bahan bakar dan udara di ruang bakar menjadi tidak seimbang sehingga volume bahan bakar yang disemprotkan akan lebih banyak dibanding udara.

Maka bahan bakar akan lebih boros namun  tenaga pada mesin menjadi berkurang.

Itulah pembahasan penyebab motor 2 tak tidak bertenaga, maka kesimpulannya rawatlah motor anda sebaik mungkin supaya point-point diatas yang menyebabkan motor 2 tak tidak bertenaga bisa diminimalisir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment