Wednesday, March 22, 2023

7 Cara Merawat Motor Matic Injeksi

 Cara Merawat Motor Matic Injeksi

motor matic injeksi

Motor matic injeksi sudah menjadi kendaraan yang sangat populer pada masa sekarang, dan sebagian besar orang telah memilih motor matic injeksi karena tekhnologinya yang sudah canggih serta sudah memiliki banyak fitur, dibandingkan dengan motor matic yang masih menggunakan sistem karburator.

Motor matic injeksi diklaim jauh lebih irit bahan bakar ketimbang motor matic bersistem karburator, bahkan cara merawat motor matic injeksi juga lebih mudah ketimbang perawatan motor matic bersistem bahan bakar karburator.

Proses service di bengkel pun, motor matic injeksi jauh lebih cepat pengerjaannya, karena sistemnya sudah canggih dan sudah ada alat khusus untuk mendeteksi bilamana ada kerusakan yang serius. Tentunya cara merawat mesin motor matic injeksi juga jauh lebih mudah.

Namun demikian, masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam merawat motor matic injeksi. Karena mereka berpikir dan menganggap motor matic injeksi lebih mudah dirawat, akhirnya banyak yang menyepelekan cara merawat motor matic injeksi milik mereka.

Jadi bagaimana cara merawat motor matic injeksi dengan benar supaya bisa awet? Saya ada beberapa tips cara merawat motor matic injeksi dengan benar.

1. Wajib Panasi Mesin Setiap Pagi

Anda wajib untuk memanasi mesin setiap pagi hari, ini bertujuan untuk menyebarkan oli/pelumas yang mengendap di ruang oli di dalam mesin supaya bisa menyebar rata ke seluruh komponen-kompoonen yang ada di dalam mesin.

Karena jika mesin tanpa pemanasan dan langsung buat jalan, oli belum sepenuhnya melumasi setiap komponen mesin dan berakibat fatal pada mesin motor Anda. panasi motor Anda dengan menggunakan kick starter bukan electric stater.

2. Selalu Periksa Aki dan Busi

Anda juga harus selalu periksa kondisi aki dan busi motor Anda, karena jika aki motor matic anda bermasalah maka motor matic Anda pasti ngadat dan susah untuk dinyalakan. Jika dirasa aki sudah tekor maka segera ganti aki Anda dengan aki yang baru.

Busi juga merupakan komponen penting pada motor, jika busi sudah tidak normal percikan bunga apinya maka bisa dipastikan motor matic bisa mengalami ngadat bahkan mesin bisa mati mendadak. Maka segera ganti busi Anda jika dirasa busi sudah tidak normal/rusak.

Baca Juga : Cara Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak

3. Ganti Oli Secara Rutin

Oli merupakan zat cair yang sangat penting bagi motor yang berfungsi untuk melumasi komponen mesin motor. Gantilah secara rutin oli mesin motor Anda supaya komponen di dalam mesin tidak cepat aus dan rusak.

karena jika komponen mesin rusak/aus akan berakibat fatal untuk motor kesayangan Anda, dan biaya turun mesin juga tidak murah.

Pergantian oli mesin harus dilakukan secara rutin, setiap 3000Km atau biasanya 2 bulan sekali tergantung jarak tempuh. Jangan melebihi dari 3000Km. 

4. Selalu Periksa Vent Belt dan Roller

Anda harus selalu periksa kondisi vent belt dan roller motor matic Anda saat service rutin, karena 2 komponen ini sangat rentan terhadap kotoran dan kerusakan.

Jika 2 komponen ini Anda hiraukan maka akan berakibat fatal, vent belt juga bisa putus dijalan jika vent belt sudah aus dan retak pada gerigi vent beltnya.

Roller juga sangat penting untuk selalu di periksa kondisinya, karena bisa ambrol jika dipaksakan jalan dalam keadaan rusak. Dan pasti ada bunyi berisik di bagian kiriannya.

5. Selalu Cek Bensin

Untuk motor matic injeksi, bensin sangat berpengaruh untuk menjaga injektornya supaya tidak cepat rusak. Karena jika motor matic injeksi Anda kehabisan bensin bisa menyebabkan kerusakan pada injektor motor kesayangan anda. Biaya untuk mengganti injektor tidak murah, maka jagalah injektor motor matic kesayangan Anda supaya tetap awet. Dan selalu gunakan BBM dengan oktan yang sesuai dengan motor matic injeksi Anda.

6. Berkendara Dengan Benar

Kendarai motor matic anda dengan benar tanpa ugal-ugalan, karena jika Anda berkendara dengan cara ugal-ugalan tidak menjamin mesin motor matic Anda awet. Terlebih untuk motor matic injeksi, menarik dan melepas gas secara berulang ulang (blayer) sangat tidak dianjurkan oleh pabrikan motor.

7. Service Rutin

Wajib service secara rutin motor matic injeksi supaya mesin dan injektor lebih awet dan terjaga, jadi jika ada kerusakan yang serius langsung segera bisa ditangani.

Service rutin motor matic injeksi anda setiap 2 bulan sekali supaya motor matic injeksi Anda mendapat perawatan prima dari bengkel kepercayaan Anda.

Itulah cara sederhana, cara merawat motor matic injeksi dengan benar, agar motor Anda tetap awet dan tidak gampang ngadat ketika digunakan untuk perjalanan. Semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang mecari Artikel seputar Tekhnik Alat Berat, Otomotif, dan Diesel Anda bisa mengunjungi mekaind.com website portal bagi peminat edukasi seputar Teknik alat berat, Otomotif, dan Diesel, Dibuat untuk memenuhi kebutuhan pembacanya.


 

No comments:

Post a Comment