Tuesday, March 21, 2023

Penyebab dan cara mengatasi oli rembes pada mobil

 Penyebab dan cara mengatasi oli rembes pada mobil

ilustrasi gambar

Oli merupakan komponen yang sangat penting pada setiap kendaraan, termasuk mobil, oli berfungsi sebagai pelumas mesin yang memiliki kinerja sebagai pelumasan setiap komponen yang berada di dalam mesin dan berfungsi sebagai pendingin komponen mesin yang bergesekan serta meminimalisir korosi di bagian komponen mesin yang bergesekan.

Terkait soal peforma oli, tak jarang menimbulkan berbagai masalah, diantaranya kebocoran atau rembesnya oli mobil yang sering kali menjadi kendala bagi beberapa orang.

Jika mobil mengalami kebocoran atau rembesnya oli maka Anda tidak bisa menganggap remeh akan hal ini, karena itu ada indikasi bahwa ada kebocoran di dalam ruang tampung oli mobil Anda.

Mobil yang mengalami kebocoran/rembesan oli maka secara otomatis akan membuat kapasitas oli di dalam mesin semakin berkurang. Dengan berkurangnya kapasitas oli di dalam mesin maka peforma komponen mesin mobil juga turut mengalami penurunan pelumasan dan menyebabkan komponen mesin mobil menjadi aus.

Maka dari itu, jangan pernah menganggap sepele masalah seperti ini. Sebelum kebocoran/rembesan oli menjadi semakin parah, Anda harus segera mengambil langkah dan tindakan untuk mengatasi kebocoran/rembesan oli tersebut.

Nah, pada artikel kali ini saya sudah merangkum mengenai penyebab dan cara mengatasi oli rembes pada mobil.

Penyebab Oli Rembes Pada Mobil

ilustrasi gambar

Ada beberapa faktor penyebab oli rembes pada mobil, antara lain adalah sebagai berikut.

Manipul Knalpot Bocor

Kendala rembesnya oli bisa juga disebabkan ada kebocoran di manipul knalpot, hal ini terjadi biasanya ada kerusakan pada bagian gasket yang sudah rusak.

kendala rembesan oli mobil yang menetes ke bawah juga bisa disebabkan karena seal klep mesin yang mengalami kerusakan.

Saat kondisi seperti ini dialami oleh mobil Anda, umumnya gejala yang dirasakan yaitu tenaga mesin yang berkurang dan kinerja mesin menjadi tidak maksimal sejak putaran/RPM bawah. Karena terjadinya kebocoran kompresi pada mesin mobil Anda.

Hal ini menandakan bahwa ada kebocoran oli pada bagian ruang oli mobil.

Seal Gearbox Robek

Salah satu yang memicu adanya kebocoran/rembesan oli pada mobil adalah seal gearbox yang robek atau seal crankshaft mengalami kebocoran.

 Indikasi jika ada kerusakan pada seal gearbox biasanya suara mesin mobil akan terdengar lebih kasar dan lebih berisik.

Jika terjadi kerusakan atau robeknya seal gearbox, maka Anda tidak bisa menyepelekan hal ini. Anda harus segera mengambil langkah konkrit untuk mengatasi masalah pada kebocoran oli tersebut.

Kebocoran Oli Gardan

Selain masalah diatas, penyebab kebocoran pada oli mobil bisa juga disebabkan oleh adanya kebocoran pada oli gardan mobil.

Biasanya, kebocoran pada oli gardan mobil ini diindikasikan dengan menetesnya oli di bagian bawah mesin mobil pada bagian sektor belakang.

Jika kondisi seperti ini terjadi pada mobil Anda, maka Anda harus segera memperbaikinya. Karena jika dibiarkan begitu saja maka akan berakibat buruk pada sistem transmisi mobil Anda.

Bahkan jika kebocoran ini sudah terlanjur parah bisa dipastikan biaya perbaikan akan menjadi semakin mahal.

Masalah Pada Roda Gigi Setir

Kendala lain yang menyebabkan oli rembes pada mobil, juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada roda gigi setir mobil.

Penyebab ini pun sangat mungkin terjadi dikarenakan kebocoran pada seal kompresor. yang akan berdampak pada gerakan setir mobil yang akan terasa berat.

jika kondisi ini dibiarkan maka akan berpotensi  memicu kerusakan parah pada bagian bearing maupun permukaan pada roda gigi itu sendiri.

Cara Mengatasi Oli Mobil Rembes

ilustrasi gambar

Berikut cara mengatasi atau mencegah oli mobil rembes.

Mengganti Packing yang Rusak atau Aus

Pada setiap sambungan mesin atau komponen dalam mesin, pasti memiliki packing/gasket yang berbeda guna menjaga oli yang ada di dalam mesin agar tidak bocor/rembes keluar.

Packing yang sudah rusak akan membuat oli mudah merembes keluar bersamaan dengan kinerja mesin mobil.

kondisi seperti ini tentu bisa merusak sealent dan gasket. kemudian oli mulai bocor perlahan dikarenakan sealent dan gasket mulai rusak.

Oleh sebab itu untuk mengatasinya, akan lebih baik untuk segera mengganti packing yang sudah mulai rusak dan aus untuk mencegah terjadinya rembesan oli yang keluar.

Memeperbaiki Bagian Gasket Pan Minyak

Anda bisa memperbaiki sendiri untuk mengatasi oli mobil yang rembes dengan cara memperbaiki bagian gasket pan minyak.

Meski tidak banyak memerlukan biaya namun akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus membuka dan melepas beberapa komponen agar bisa mencapai pada titik kerusakan.

Cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, namun jika Anda merasa sangat sulit/rumit untuk melakukannya , Anda bisa menggunakan jasa bengkel profesional untuk mengatasinya dan memperbaikinya.

Manfaatkan Sealent Oli Mesin

Jika kondisi rembesan oli mobil hanya kecil, Anda bisa menggunakan sealent yang dicampur dengan oli mesin.

Cara kerja sealent oli mesin ini cukup unik, karena cairan ini akan menutup kebocoran dari dalam  sekaligus berperan sebagai kondisioner segel serta packing.

Dengan kondisinya yang cair, akan lebih mudah menyumbat beberapa titik yang mengalami kebocoran oli. Tanpa memberikan efek samping apapun, sealent tersebut akan lebih mudah untuk menambal lubang dan celah pada komponen mobil.

Mengencangkan Baut yang Longgar

Penyebab utama dari kebocoran mesin juga disebabkan oleh karena adanya beberapa baut pada bagian oli mesin mobil yang longgar.

Baut yang longgar pastinya akan memberikan celah untuk oli keluar atau merembes saat mesin mobil dalam keadaan bekerja atau hanya dalam kondisi dihidupkan saja.

Untuk cara mengatasinya adalah dengan cara mengencangkan beberapa baut yang longgar dengan kunci yang sesuai.

Jadi harus Anda pastikan bahwa baut-baut pada bagian yang berhubungan dengan oli mesin dalam kondisi yang pas,presisi, dan kencang.

Beberapa faktor penyebab di atas  adalah pemicu utama dan umum yang sering terjadi dan dialami oleh beberapa mobil. sedangkan, solusi di atas merupakan cara sederhana untuk mengatasi oli mobil yang rembes.

Namun untuk yang lebih spesifik dan perbaikan yang matang, Anda harus membawa mobil ke bengkel supaya mendapat perbaikan dari bengkel.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi oli rembes pada mobil dengan cara sederhana.

semoga bisa membantu dan bermanfaat.


No comments:

Post a Comment