Wednesday, March 15, 2023

Cara menguras dan membersihkan tangki motor

 Cara menguras dan membersihkan tangki motor.

ilustrasi tangki bensin

Cara kuras tangki bensin motor dapat dilakukan degan mudah. Kita dapat melakukan pembersihan tangki motor sendiri di rumah. Namun, jika Anda merasa takut, Anda dapat menyerahkan pengurasan tangki bensin motor maupun pembersihannya di bengkel terdekat.

menguras tangki bensin merupakan salah satu perawatan rutin pada motor yang perlu diperhatikan. Meskipun menguras tangki bensin memang tidak dianjurkan setiap kali saat melakukan servis rutin berkala. Namun, tindakan ini wajib dilakukan untuk menghindari adanya gangguan-gangguan seiring bertambahnya umur kendaraan.

Tangki bensin motor yang tidak pernah dikuras dapat menimbulkan gangguan yang akan berpengaruh pada performa motor saat dikendarai. Kapan waktu yang tepat untuk menguras tangki bensin dan bagaimana cara kuras tangki bensin motor? Berikut ini adalah Cara menguras tangki bensin motor dan cara membersihkannya.

ilustrasi tangki bensin

Waktu yang Tepat untuk Kuras Tangki Bensin Motor.

Tangki BBM setiap jenis motor memiliki perbedaan waktu untuk menguras tangki bensinnya. Motor sport disarankan untuk melakukan pengurasan tangki bensin motor setiap 5.000 kilometer. Sedangkan, motor bebek dan motor matik memiliki kurun waktu yang lebih lama untuk dikuras tangki bensinnya yaitu setiap 10.000 kilometer atau setiap setahun atau dua tahun sekali.

Perbedaan waktu pengurasan tangki tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor. Motor sport memiliki tangki bensin yang berada di luar sehingga potensi kandungan air yang masuk ke dalam tangki pada saat diguyur hujan cukup besar. Selain itu, penguapan bahan bakar ketika motor terpapar sinar matahari langsung cukup besar. Hal ini tentunya berbeda dengan motor matik atau motor bebek yang memiliki tangki bensin yang posisinya terjaga di bawah jok motor.


Cara Kuras Tangki Bensin Motor

Untuk menguras tangki bensin motor dapat dilakukan dengan mudah di rumah. 

Berikut ini adalah cara menguras tangki bensin motor.

1. Lepaskan Tangki BBM

Kita dapat melepaskan tangki bahan bakar dari motor dengan membuka baut pengikat tangki yang biasanya ditempatkan pada rangka motor.

2. Lepaskan Keran Tangki Bensin

Kita dapat melepaskan keran tangki bensin motor dengan memutarnya. Tuangkan sisa bahan bakar yang ada di dalam tangki ke dalam wadah yang disediakan sampai benar-benar habis

3. Cek Sisa Bahan Bakar

Kita dapat mengecek apakah sisa bahan bakar masih ada atau tidak dengan menggoyangkan tangki atau memiringkannya ke kanan atau ke kiri setelah bensin berhenti mengucur. Pastikan bensin telah benar-benar habis.

4. Tutup Lubang Outlet BBM

Kita dapat menutup lubang outlet bahan bakar dan mengisi tangki bensin motor dengan satu atau dua gelas bahan bakar yang sudah dikeluarkan. Setelah diisi dan ditutup, kocok tangki selama beberapa menit.

5. Bersihkan Kotoran di Tangki

Setelah melakukan langkah tersebut, buka kembali outlet bahan bakar dengan posisi outlet tangki berada di bawah. Posisi ini berfungsi untuk memudahkan kotoran yang mengendap di sekitar lubang outlet keluar dari tangki bensin motor.

6. Masukkan Kain Kering

Kemudian kita dapat menyiapkan kain halus. Kain tersebut kemudian dimasukkan ke dalam lubang penampung hingga ujung kain masuk ke tangki bensin motor. Untuk memastikan tangki kering, kita dapat menggoyangkannya kembali hingga tidak ada gemericik sisa bahan bakar.

7. Jika sudah kering maka kita bisa keluarkan kotoran-kotoran atau sisa karat yang mengelupas dari tangki bahan bakar.

8. Jika semua sudah bersih dan siap maka bisa kita rakit kembali tangki bahan bakar ke posisi semula.

No comments:

Post a Comment