Friday, March 17, 2023

Penyebab knalpot nembak saat lepas gas

ilustrasi knalpot

 Penyebab knalpot nembak saat lepas gas.

Knalpot nembak atau meletup seringkali terjadi saat berkendara pada posisi melepas throtol gas.

Pada saat knalpot nembak/meletup letup memang sangat mengganggu dan bising saat berada di jalan.

Umumnya knalpot nembak terjadi karena pengendara menggunakan knalpot racing, terjadi karena suplai bahan bakar dari karburator kurang pas atau kurang boros dan tidak memenuhi kapasitas yang diperlukan oleh knalpot racing. 

Karena sejatinya ukuran kapasitas suplai bahan bakar antara knalpot standart dan knalpot racing sangatlah berbeda.

Namun tak jarang juga knalpot nembak juga dialami oleh knalpot standart.

Meskipun hal ini dianggap sepele oleh beberapa orang namun hal ini dapat menyebabkan motor tiba-tiba mati, karena knalpot nembak merupakan salah satu ciri-ciri motor yang kurang sehat atau ada beberapa masalah dibagian partnya.

Lalu apa penyebab knalpot nembak pada knalpot standart motor saat gas dilepas/diturunkan. Simak penjelasan dibawah ini.

1. Busi setengah mati

Busi merupakan komponen pada motor yang berfungsi untuk memercikan bunga api agar terjadi adanya pembakaran.

Namun jika busi mengalami percikan api yang tidak sempurna atau sering disebut busi setengah mati, maka pembakaran di ruang bakar pun jadi mengalami masalah dan menyebabkan knalpot jadi nembak. Karena percikan bunga api tidak memenuhi kapasitas pembakaran yang seharusnya.

2. Setelan Karburator kurang tepat

Karburator merupakan komponen pada motor yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar agar menjadi sebuah tenaga pada motor.

jika setelan karburator kurang tepat maka bisa menyebabkan knalpot nembak. Hal ini terjadi karena ukuran angin/udara dan bahan bakar pada karburator kurang sesuai/tidak tepat. 

Sebisa mungkin setel karburator dengan tepat,jangan terlalu banyak setelan angin-angin dan juga jangan terlalu kurang setelan  angin-anginnya.

Di artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas cara setel karburator dengan benar.

3. Manipul knalpot bocor

Knalpot berfungsi untuk membuang gas sisa pembakaran dari ruang bakar.

Manipul knalpot bocor juga salah satu penyebab dari knalpot nembak karena kompresi bocor dan menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran menjadi tidak sempurna.

Maka solusinya kita wajib cek satu persatu dari masalah diatas pada motor anda, jika busi yang bermasalah maka segeralah ganti busi dengan busi yang baru, setel ulang karburator agar bisa tepat (jangan terlalu banyak angin-angin jangan juga terlalu sedikit angin-angin) sebisa mungkin harus pas, baca artikel disini untuk mengetahui cara setel karburator dengan benar dan tepat.

Cek juga bagian knalpot anda , jika bocor dari manipul knalpot maka segera kencangkan baut manipul knalpot agar tidak bocor lagi.

No comments:

Post a Comment