Thursday, March 30, 2023

Mengenal Mesin Turbo, Perbedaan, Cara Kerja dan Kelebihannya

Mengenal Mesin Turbo, Perbedaan, Cara Kerja dan Kelebihannya
Turbochargers

 

Mengenal Mesin Turbo, Perbedaan, Cara Kerja dan Kelebihannya

Bagi Anda pecinta otomotif tentu sudah sangat familiar mendengar kata turbo. Dulu, penggunaan turbocharger biasa digunakan untuk keperluan balap, namun seiring dengan berjalannya waktu, kini beberapa tipe mobil, truk maupun mobil diesel sudah ada beberapa yang menggunakan turbo pada mesin mobil. 

Mengenal fungsi turbo mesin mobil.

Fungsi utama dari turbo adalah untuk memberikan tambahan tenaga pada truk atau mobil diesel. Tanpa adanya komponen turbo, truk dan mobil diesel kurang memiliki power yang kuat.  Turbo adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk meningkatkan asupan udara ke dalam mesin. Dengan begitu, tenaga mesin yang dihasilkan meningkat drastis dan menjadi lebih kuat. 

Perkembangan turbo pada mesin mobil, hingga saat ini masih terus berlanjut dan semakin canggih. Contohnya seperti di beberapa tipe mobil terdapat label seperti VNT (variable nozzle turbocharger), VGT (variable geometry turbocharger) dan VCDI (variable geometric common rail direct injection) dimana label tersebut melambangkan sistem turbocharger apa yang digunakan pada mobil tersebut.

Meski fungsinya sama, namun turbocharger dan supercharger adalah dua jenis komponen yang berbeda. Adapun satu kesamaan dari dua komponen ini. Mari kita bahas lebih jauh.

Persamaaan turbo mesin mobil turbocharger dan supercharger.

Satu persamaan dari komponen turbo mesin mobil baik turbocharger dan supercharger adalah keduanya merupakan Sistem Induksi Paksa. Komponen ini memampatkan udara yang mengalir ke mesin. Implikasinya adalah tenaga yang keluar lebih besar, bisa mencapai 50 persen dari mesin standar.

Dan peberbadaan dari turbocharger dan supercharger adalah pada tenaga penggerak mesin turbo mobil.

Perbedaan turbo pada mesin mobil yang terletak pada power supply atau tenaga penggeraknya. Sebuah turbocharger menggunakan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi. Udara akan mengalir melalui turbin dan kemudian memutar kompresor. Putaran yang dihasilkan bisa mencapai 150 ribu rpm, lebih cepat sampai 30 kali lipat dari pada mesin mobil biasa. Tetapi turbocharger baru akan bekerja saat mesin berputar pada rpm tertentu, sebab turbin baru akan berputar ketika gas buang punya tekanan yang cukup.

Semakin cepat putaran mesin (RPM), maka semakin kuat pula tiupan gas buang yang terjadi. Dan semakin kuat tiupan gas buang,maka putaran turbin juga akan semakin cepat. Untuk menahan panas yang dihasilkan karena putaran turbin, biasanya mesin turbo akan dipasangkan dengan intercooler.

Fungsi dari Intercooler

Intercooler sendiri berfungsi untuk mengecilkan molekul dengan cara menurunkan suhu udara pada intake. Semakin kecil molekul udara pada intake, maka semakin banyak pula molekul udara ke mesin sehingga mesin mampu mengeluarkan tenaga yang lebih tinggi. 

Mengenal Mesin Turbo, Perbedaan, Cara Kerja dan Kelebihannya
Superchargers

Lantas bagaimana dengan turbo pada mesin supercharger? Sumber tenaga komponen ini adalah putaran mesin mobil. Antara mesin dan supercharger dihubungkan melalui sabuk sehingga supercharger akan bekerja ketika mesin mulai bekerja. Oleh karena itu tidak ada hubungannya dengan gas buang, udara yang disedot turbin untuk kemudian dipaksa masuk ke mesin adalah udara bebas di sekitar supercharger.

Pilih mesin mobil Turbocharger atau Supercharger?

Dilihat dari perspektif lingkungan, turbocharger punya keunggulan. Sebab seperti yang telah dijelaskan, turbin turbocharger berputar karena tekanan dari udara di saluran buang, gas yang seharusnya keluar dan menjadi polusi udara.

Namun jika dilihat dari performa, ini sangat tergantung dari kendaraan itu sendiri. Sebagai contoh, di Eropa turbocharger lebih populer karena di sana rata-rata mobil berkubikasi kecil empat silinder sehingga pemasangan turbo pada mesin mobil memang dirasa lebih cocok. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan turbocharger dirasa semakin bermanfaat untuk kita. Selain hemat bahan bakar, gas buang dari hasil pembakaran yang sempurna dinilai lebih ramah lingkungan dan tentu saja berkat penggunaan turbocharger, Anda tidak perlu khawatir mobil kamu tidak bertenaga. 

Tetapi dibalik kelebihan dari mesin turbo ada juga kekurangannya.

Kekurangan Turbo

Terkadang mesin yang sudah dipasang turbo menjadi tidak responsif atau biasa disebut turbo lag. Turbo lag sendiri terjadi ketika kamu seketika menginjak pedal gas namun mesin tidak langsung menanggapinya. Selain itu, penggunaan turbo harus dirawat dengan hati-hati jika Anda salah menggunakan bahan bakar bisa fatal akibatnya.

Nah, itu dia pengenalan mesin turbo,perbedaan, kelebihan, dan cara kerja turbo. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment