Wednesday, February 22, 2023

Cara merubah arus AC ke arus DC pada motor

 Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara merubah arus AC ke DC pada motor, pada umumnya motor keluaran tahun lama memang masih menggunakan arus AC (Alternate Current) sedangkan arus listrik DC ( Direct Current ) digunakan pada motor keluaran terbaru.

Pada umumnya pemilik kendaraan bermotor yang masih menggunakan arus AC ingin merubahnya ke arus DC namun masih bingung bagaimana caranya, dan alasan ingin merubah arus AC ke DC karena kelistrikan motor bisa lebih stabil.

Sepeda motor yang masih menggunakan arus AC masih tidak stabil seperti contohnya jika lampu utama dihidupkan saat mesin langsam maka lampu akan redup, sedangkan jika di gas RPM tinggi lampu akan menjadi terang.

sumber gambar : Instagram

Karena hal tersebut terjadi karena sistem arus AC masih mengandalkan dari putaran poros engkol mesin atau spul listrik pada mesin motor tersebut, maka dari itu jika mesin dinyalakan dan posisi mesin langsam maka lampu akan terlihat redup karena putaran mesin posisi langsam atau stationer, namun jika RPM tinggi lampu akan menjadi lebih terang.

Beberapa contoh motor yang masih menggunakan arus AC adalah honda astrea grand, yamaha vega R, supra X lawas, suzuki shogun ,smash, yamaha jupiter, mio dan sepeda motor keluaran tahun lama lainnya.

Sedangkan motor yang sudah menggunakan sistem arus DC akan lebih stabil kelistrikannya karena sudah sepenuhnya memakai aki.

INILAH BEBERAPA KELEBIHAN JIKA SUDAH MENGGUNAKAN ARUS DC :

CAHAYA LAMPU LEBIH STABIL

Dengan menggunakan arus DC maka cahaya lampu akan lebih stabil karena sudah menggunakan aki sepenuhnya.

LANGSAM MESIN MOTOR LEBIH STABIL

Langsam motor akan lebih stabil karena sudah tidak bergantung pada sistem putaran spul motor.

BERIKUT ADALAH BAGAIMANA CARA MERUBAH ARUS AC KE DC PADA MOTOR

Langkah prtama bongkar semua pada body motor kemudian cari kabel berwarna kuning arus dari spul ke soket kiprok, kemudian copot kiprok tersebut dan putuskan kabel berwarna kuning. Pada umumnya  Honda dan Yamaha kabel berwarna kuning sedangkan untuk Suzuki berwarna kuning strip putih.

Selanjutnya bungkus dengan solasi berwarna hitam untuk kelistrikan pada ujung kabel berwarna kuning dari kabel kuning yang sudah diputus pada soket kiprok tadi.

setelah kabel sudah dibungkus dengan solasi hitam, dilanjutkan dengan menyambung kabel dari lampu utama, biasanya kabel yang berwarna kuning, untuk disambungkan dengan kabel dari kunci kontak yang umumnya kabel berwarna merah. Namun tidak menutup kemungkinan berbeda merk motor maka beda juga warna kabelnya.

Jika cara diatas sudah dilakukan maka arus dari AC otomatis bisa berubah ke arus DC.

Cara merubah arus AC ke DC bisa dilakukan sendiri di rumah namun pasti juga akan ada kelemahannya, seperti lampu sein dan lampu belakang yang tidak bisa terang seperti lampu utama. sebab pasti akan ada komponen yang harus diganti, selain itu jika kita asal asalan merubahnya akan terjadi konsleting pada kelistrikan motor anda.

nah itulah dia bagaimana cara merubah arus AC ke DC.






No comments:

Post a Comment