Saturday, March 11, 2023

Cara agar nafas suzuki tornado bisa panjang dan tenaga lebih responsif

Ilustrasi selang induksi

 Cara agar nafas suzuki tornado bisa panjang dan tenaga lebih responsif


Buat kalian pemilik suzuki tornado pasti pengen motornya bisa kencang dan nafas bisa panjang seperti layaknya yamaha f1zr.

Namun ciri khas dari suzuki tornado memang tidak bisa sama dengan ciri khas dari f1zr atau 2tak lainnya.

Tapi jangan khawatir, saya akan berbagi tips bagaimana cara agar nafas tornado menjadi panjang dan tenaga bisa lebih responsif tanpa oprek mesin, dan cara yang akan saya bagikan ini adalah cara dari systemnya suzuki RGR yaitu triple S (SSS).

Penasaran bagaimana caranya, mari kita bahas.

Langkah pertama siapkan selang high preasure/selang tekanan tinggi seperti yang digunakan pada selang kompor gas atau kompresor, pilih yang ukuran 8.5mm 5 lapis dan potong selang dengan panjang 1,5M boleh lebih (lebih panjang lebih baik).

Langkah kedua siapkan manipul karburator, lubangi manipul karburator menjadi 2 lubang kanan kiri sejajar seukuran sama dengan diameter dalam selangnya.

Langkah ketiga siapkan baut ukuran 12 atau sesuai dengan lubang manipul karbu yang sudah dilibangi tadi.

Lubangi bagian tengah baut agar bisa menjadi jalan angin/udara dari dalam manipul karburator ke selang.

Berikutnya langkah terakhir pasang selang yang sudah dipotong dengan ukuran 1,5M tadi, pasang ke baut yang sudah nempel dimanipul yang sudah dilubangi bagian dalam bautnya.

Untuk pemasangan baut ke manipul karburator agar tetap kencang dan aman baiknya manipul dibuat drat untuk jalan baut atau bisa juga di lem menggunakan plastik steel/dexton, lem besi.

Pasang selang dari manipul kanan ketemu lubang manipul kiri sejajar, lingkarkan selang ke rangka agar rapi dan jangan sampai pemasangannya tertekuk, bertujuan untuk lancarnya sirkulasi udara. 

Jika semua sudah terpasang maka silahkan coba hasilnya dan pastinya motor anda menjadi lebih responsif, bertenaga, dan nafas menjadi lebih panjang.

Ini adalah sistem dari suzuki RGR dengan system triple S (SSS). Bisa juga menggunakan system tabung induksi namun saya lebih suka dengan sistem RGR karena lebih responsif dibandingkan sistem tabung induksi.

Itulah tips dari saya dan silahkan mencoba semoga bermanfaat. Jika dirasa kurang jelas atau ada pertanyaan maka tinggalkan komentar kalian di kolom komentar yang tersedia dan saya akan jawab secepatnya.

2 comments:

  1. Bisa minta fto yg sudah jadi🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas sudah ada contoh fotonya mas, trimaksih sudah mampir

      Delete