Monday, March 20, 2023

Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak

Ilustrasi gambar

 Mengatasi motor matic mati mendadak

Motor matic sudah menjadi kendaraan favorit masa kini di Indonesia.

Motor matic diperkenalakan di Indonesia pada tahun 2002 lalu seperti contohnya Yamaha Nouvo.

Pada tahun 2002 motor matic masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Namun lambat laun motor matic kini menjadi incaran masyarakat karena dianggap simple dan tidak perlu repot oper gigi layaknya motor manual.

Tidak sedikit juga banyak pengendara/pemilik motor matic yang mengeluhkan perawatan yang sedikit susah.

Bahkan banyak juga terjadi motor matic tiba-tiba mati di jalan tanpa tahu penyebabnya.

Dari yang semula biasa-biasa saja/ normal-normal saja saat dikendarai namun tiba-tiba mogok, menyebabkan pengendara kesal akan hal itu.

Nah disini saya punya tips cara megatasi motor matic yang mati mendadak.

Kita harus tahu dulu apa yang menyebabkan hal itu terjadi.

Langkah pertama kita wajib cek bagian pengapian, namun yang sering terjadi disini biasanya busi yang sering bermasalah.

Cek percikan bunga api dari busi, caranya lepas busi,kemudian copkan busi ke kepala cop busi, tempelkan busi ke mesin atau besi rangka motor, on kan kunci kontak lalu Anda kick starter, jika busi mengelurakan percikan api namun tipis atau hampir tak terlihat berarti busi anda bermasalah dan harus segera ganti.

Ada 2 cara sementara, agar busi tetap bisa dipakai untuk sementara/keadaan darurat.

Ilustrasi gambar busi

Cara pertama untuk mengakali busi agar tetap hidup untuk sementara, anda cukup renggangkan kepala iridiumnya, jauhkan penutup iridium kurang lebih 1/2 inch saja.


Cara ke dua, Anda pecahkan plastik pembungkus iridium busi, maka busi akan kembali nyala lagi untuk sementara waktu/keadaan darurat.

Langkah ke dua, jika busi tidak bermasalah/percikan api dari busi normal.

Anda wajib cek sekring yang berada di dekat aki, cek satu persatu apakah ada sekring yang putus.

Ilustrasi gambar sikring

Biasanya sekring yang sering putus berwarna merah dengan nomor 10.

Jika sekringnya putus maka harus Anda ganti, letak sekring cadangan biasanya berada di tutup aki.

Langkah ketiga yang paling sering terjadi yaitu pada bagian aki, jika aki Anda tekor bisa juga menyebabkan motor matic mati mendadak.

Ilustrasi gambar aki

Karena motor matic 80% mengandalkan kekuatan aki untuk bisa jalan.

Dan biasanya yang sering menyebabkan motor matic mati mendadak adalah yang menggunakan aki kering.

Itulah tips dan cara mengatasi motor matic mati mendadak.

Rawatlah secara rutin motor matic Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kejadian di atas.

Semoga membantu dan bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami kejadian seperti ini.



Sunday, March 19, 2023

4 Rekomendasi Mobil Keluarga Harga 10 Jutaan

 

ilustrasi gambar

4 Rekomendasi Mobil Keluarga Harga 10 Jutaan

Mobil keluarga adalah mobil yang paling sering dicari sampai saat ini oleh masyarakat Indonesia, karena mobil keluarga bisa memuat banyak penumpang.

Mobil keluarga juga bisa digunakan untuk berbagai jenis kegiatan perjalanan seperti berlibur bersama keluarga.

Selain lebih irit bahan bakar, mobil keluarga juga masuk kategori mobil paling nyaman untuk bepergian karena kabin yang luas dan interior nyaman.

Bagi Anda yang sedang bingung mencari mobil keluarga yang cocok untuk Anda dan dengan budget yang minim maka disini saya punya 4 rekomendasi mobil keluarga dengan harga 10 jutaan saja.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 4 Rekomendasi mobil keluarga harga 10 jutaan, apa saja mobil keluarga itu.

Mari kita bahas.

1.Daihatsu Hijet

daihatsu hijet 1000


Daihatsu Hijet merupkan mobil keluarga andalan, Daihatsu Hijet diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1980 an sampai 1990an, Daihatsu Hijet merupakan mobil yang sangat rekomendasi untuk keluarga karena harga yang terjangkau dan juga bisa memuat banyak orang/penumpang.

Pada tahun 1980an Daihatsu hijet dirancang untuk mobil angkutan karena daya tampungnya, Mobil Daihatsu hijet memiliki mesin 3 silinder dan berkapasitas 1000cc dan menggunakan transmisi manual 4 maju 1 mundur.

Untuk soal fitur, Daihatsu hijet masih seutuhnya menggunakan fitur manual karena pada tahun 1980an belum mengenal system elektrik.

Mesin:

3-silinder 1000cc, SOHC 8 katup system pembakaran menggunakan karburator.

Kelebihan Daihatsu hijet:

  • Mesin kuat dan bandel
  • Kuat ditanjakan
  • Perawatan mudah
  • Sparepart mudah dan murah
  • System rem menggunakan boster
  • Harga mobil terjangkau

Kekurangan Daihatsu hijet:

  • Top speed kurang
  • Rem masih tromol
  • Plafon pendek
  • Tidak ada AC
  • Gigi 1 sampai 3 terlalu rapat sehingga nafasnya pendek

Konsumsi BBM

  • Dalam kota : 1L/ 7-9km
  • Luar kota : 1L/ 9-11km

Harga Daihatsu hijet 10-12 jutaan

2.Daihatsu Zebra

daihatsu zebra espas


Daihatsu zebra merupakan mobil minibus yang sangat legendaris, hingga saat ini masih banyak beroprasi dijalanan, dengan body yang unik dan mencolok.

Daihatsu zebra dikenalkan pada tahun 1990an, Daihatsu zebra memiliki fitur Ac, radio tape, dan velg alumunium.

Daihatsu zebra mengusung mesin berkapasitas 1298cc, 4-silinder 16 katup SOHC, tenaga maksimal mencapai 76Hp dan torsi maksimal 112Nm.

Kelebihan Daihatsu zebra

  • Mempunyai bentuk body besar sehingga daya angkut lebih banyak
  • Harga terjangkau
  • Irit BBM
  • Mesin bandel
  • Perawatan cukup mudah
  • Sparepart masih gampang dicari

Kekurangan Daihatsu zebra

  • Kurang bertenaga di tanjakan
  • Panas mesin masuk ke kabin
  • Sering ngadat jika melewati genangan air
  • Suspensi keras

Konsumsi BBM

  • Dalam Kota : 1L/ 7-8km
  • Luar Kota : 1L/ 9-10Km

Harga Daihatsu zebra 10-12 Jutaan

3.Suzuki Carry Extra 1988

suzuki carry extra


Suzuki carry diproduksi oleh Suzuki pada tahun1983-2006, setelah kemudian discontinue namun mobil Carry masih bisa dipesan sampai tahun 2009.

Kepopuleran Suzuki carry 1000 membuat mobil ini menjadi laris manis dan diandalkan sampai sekarang, Suzuki carry diperuntukan untuk mengganti Suzuki St20 atau yang sering dikenal truntung yang memakai mesin 2 tak.

Untuk fitur carry 1000 sudah lumayan, sudah ada Ac, power steering, tape radio.

Suzuki carry mengusung mesin F10A, berkapasitas 970cc SOHC, bersistem karburator, tenaga maksimal mencapai: 44Hp dan torsi maksimal: 75Nm.

Kelebihan Suzuki carry

  • Perawatan mudah dan murah
  • Irit BBM
  • Daya angkut besar
  • Muat 9 orang penumpang
  • Harga terjangkau

Kekurangan Suzuki carry

  • Suspensi sedikit keras
  • Tenaga kurang
  • Hawa panas mesin masuk kabin

Konsumsi BBM :

  • Dalam kota : 1L/ 13-15Km
  • Luar kota : 1L/ 15-17Km

Harga Suzuki carry 15-17 Jutaan.

4.Kijang Kotak Gen-2 1981

kijang kotak gen-2


Kesuksesan kijang kotak Gen-1 membuat perusahaan Toyota memproduksi Kijang kotak Gen-2, bahkan diantara para pesaingnya pada saat itu, hanya kijang yang masih bertahan sampai meluncurkan kijang kotak gen-2 di bulan januari pada tahun 1981.

Dari tampilan depan kijang kotak gen-2 mengalami perubahan keseluruhan dari pendahulunya, namun  secara sepintas tampilannya masih sama, didominasi dengan garis-garis lurus dan sudut-sudut yang tajam.

Perubahan pada bodi terjadi pada proses produksinya yang lebih canggih disbanding dengan kijang kotak gen-1, yaitu kijang kotak gen-2 melalui proses system anti karat/auto coating.

Kijang kotak gen-2 terlihat tampak lebih langsing, kijang kotak gen-2 menggunakan mesin yang sama dengan Corrola DX.

Untuk fitur kijang kotak gen-2 masih sepenuhnya manual.

Kijang kotak gen-2 mengusung mesin dengan kode 4K berkapasitas 1300cc, 4 silinder SOHC, Ohv8, bersistem karburator, menggunakan transmisi manual 4 percepatan.

Kelebihan kijang kotak gen-2

  • Mesin bandel
  • Mesin bertenga
  • Menggunakan kipas mesin yang besar sehingga mengurangi over head
  • Kabin luas sehingga muat banyak penumpang

Kekurangan kijang kotak gen-2

  • Minim fitur keselamatan
  • Sparepart bodi susah dicari

Konsumsi BBM

  • Dalam kota : 1L/ 12-13 Km
  • Luar kota : 1L/ 14-15Km

Harga kijang kotak gen-2 15 jutaan.

Itulah info 4 rekomendasi mobil keluarga harga 10 jutaan, cocok untuk Anda yang sedang mencari mobil keluarga dengan harga murah.

Semoga bermanfaat.

 

Credit by : Garasi TNT Corner

Saturday, March 18, 2023

2 cara mengatasi slip kopling pada suzuki tornado

 

Kopling manual Tornado

2 cara mengatasi slip kopling pada suzuki tornado

Suzuki Tornado merupakan motor bebek 2tak produksi dari Suzuki, Suzuki Tornado diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai penerus Suzuki Crystal.

Namun siapa sangka, dibalik kegagahan Suzuki Tornado ternyata menyimpan kekurangan pada sistem koplingnya. 

Kopling Suzuki Tornado sering mengalami slip apalagi jika Anda merubah sistem koplingnya menjadi kopling manual, pasti 95% mengalami slip kopling.

Nah untuk mengatasi slip kopling pada Suzuki Tornado, saya punya 2 cara mengatasi slip kopling pada Suzuki Tornado.

1. Beri pori-pori pada rumah kopling dan flywheelnya.

rumah kampas yang sudah di bor


Dengan memberi pori-pori pada seluruh komponen yang berhubungan dengan kopling, bertujuan agar kopling tidak mlusut/slip saat sistem komponen kopling bekerja.

Cara memberi pori-pori pada komponen kopling (rumah kopling dan kawan-kawannya) adalah dengan cara Anda bor tipis-tipis membentuk titik secara merata dengan jarak yang berdekatan kurang lebih 1cm.

Jika semua sudah di bor rata,maka rakitlah kembali dan anda coba hasilnya.

2. Mengganti dengan rumah kopling komplit Astrea Grand

Rumah kampas kopling Astrea Grand


Cara lain mengebor komponen kopling, Anda juga bisa memodifnya menggunakan rumah kopling komplit milik Honda Astrea Grand.

Caranya Anda harus merubah semua komponen ori Suzuki Tornado ke komponen milik Honda Astrea Grand.

Untuk pemasangannya jika Anda mengalami kerepotan maka Anda bisa membawa ke bengkel yang sudah terbiasa menggarap modifikasi mesin, karena ada juga yang perlu dibubut dan banyak yang harus dirubah pada komponen kopling Astrea Grand agar bisa terpasang di suzuki tornado.

Nah itulah 2 cara mengatasi slip kopling pada suzuki tornado, semoga bermanfaat.

Friday, March 17, 2023

Penyebab knalpot nembak saat lepas gas

ilustrasi knalpot

 Penyebab knalpot nembak saat lepas gas.

Knalpot nembak atau meletup seringkali terjadi saat berkendara pada posisi melepas throtol gas.

Pada saat knalpot nembak/meletup letup memang sangat mengganggu dan bising saat berada di jalan.

Umumnya knalpot nembak terjadi karena pengendara menggunakan knalpot racing, terjadi karena suplai bahan bakar dari karburator kurang pas atau kurang boros dan tidak memenuhi kapasitas yang diperlukan oleh knalpot racing. 

Karena sejatinya ukuran kapasitas suplai bahan bakar antara knalpot standart dan knalpot racing sangatlah berbeda.

Namun tak jarang juga knalpot nembak juga dialami oleh knalpot standart.

Meskipun hal ini dianggap sepele oleh beberapa orang namun hal ini dapat menyebabkan motor tiba-tiba mati, karena knalpot nembak merupakan salah satu ciri-ciri motor yang kurang sehat atau ada beberapa masalah dibagian partnya.

Lalu apa penyebab knalpot nembak pada knalpot standart motor saat gas dilepas/diturunkan. Simak penjelasan dibawah ini.

1. Busi setengah mati

Busi merupakan komponen pada motor yang berfungsi untuk memercikan bunga api agar terjadi adanya pembakaran.

Namun jika busi mengalami percikan api yang tidak sempurna atau sering disebut busi setengah mati, maka pembakaran di ruang bakar pun jadi mengalami masalah dan menyebabkan knalpot jadi nembak. Karena percikan bunga api tidak memenuhi kapasitas pembakaran yang seharusnya.

2. Setelan Karburator kurang tepat

Karburator merupakan komponen pada motor yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar agar menjadi sebuah tenaga pada motor.

jika setelan karburator kurang tepat maka bisa menyebabkan knalpot nembak. Hal ini terjadi karena ukuran angin/udara dan bahan bakar pada karburator kurang sesuai/tidak tepat. 

Sebisa mungkin setel karburator dengan tepat,jangan terlalu banyak setelan angin-angin dan juga jangan terlalu kurang setelan  angin-anginnya.

Di artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas cara setel karburator dengan benar.

3. Manipul knalpot bocor

Knalpot berfungsi untuk membuang gas sisa pembakaran dari ruang bakar.

Manipul knalpot bocor juga salah satu penyebab dari knalpot nembak karena kompresi bocor dan menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran menjadi tidak sempurna.

Maka solusinya kita wajib cek satu persatu dari masalah diatas pada motor anda, jika busi yang bermasalah maka segeralah ganti busi dengan busi yang baru, setel ulang karburator agar bisa tepat (jangan terlalu banyak angin-angin jangan juga terlalu sedikit angin-angin) sebisa mungkin harus pas, baca artikel disini untuk mengetahui cara setel karburator dengan benar dan tepat.

Cek juga bagian knalpot anda , jika bocor dari manipul knalpot maka segera kencangkan baut manipul knalpot agar tidak bocor lagi.

Wednesday, March 15, 2023

Cara menguras dan membersihkan tangki motor

 Cara menguras dan membersihkan tangki motor.

ilustrasi tangki bensin

Cara kuras tangki bensin motor dapat dilakukan degan mudah. Kita dapat melakukan pembersihan tangki motor sendiri di rumah. Namun, jika Anda merasa takut, Anda dapat menyerahkan pengurasan tangki bensin motor maupun pembersihannya di bengkel terdekat.

menguras tangki bensin merupakan salah satu perawatan rutin pada motor yang perlu diperhatikan. Meskipun menguras tangki bensin memang tidak dianjurkan setiap kali saat melakukan servis rutin berkala. Namun, tindakan ini wajib dilakukan untuk menghindari adanya gangguan-gangguan seiring bertambahnya umur kendaraan.

Tangki bensin motor yang tidak pernah dikuras dapat menimbulkan gangguan yang akan berpengaruh pada performa motor saat dikendarai. Kapan waktu yang tepat untuk menguras tangki bensin dan bagaimana cara kuras tangki bensin motor? Berikut ini adalah Cara menguras tangki bensin motor dan cara membersihkannya.

ilustrasi tangki bensin

Waktu yang Tepat untuk Kuras Tangki Bensin Motor.

Tangki BBM setiap jenis motor memiliki perbedaan waktu untuk menguras tangki bensinnya. Motor sport disarankan untuk melakukan pengurasan tangki bensin motor setiap 5.000 kilometer. Sedangkan, motor bebek dan motor matik memiliki kurun waktu yang lebih lama untuk dikuras tangki bensinnya yaitu setiap 10.000 kilometer atau setiap setahun atau dua tahun sekali.

Perbedaan waktu pengurasan tangki tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor. Motor sport memiliki tangki bensin yang berada di luar sehingga potensi kandungan air yang masuk ke dalam tangki pada saat diguyur hujan cukup besar. Selain itu, penguapan bahan bakar ketika motor terpapar sinar matahari langsung cukup besar. Hal ini tentunya berbeda dengan motor matik atau motor bebek yang memiliki tangki bensin yang posisinya terjaga di bawah jok motor.


Cara Kuras Tangki Bensin Motor

Untuk menguras tangki bensin motor dapat dilakukan dengan mudah di rumah. 

Berikut ini adalah cara menguras tangki bensin motor.

1. Lepaskan Tangki BBM

Kita dapat melepaskan tangki bahan bakar dari motor dengan membuka baut pengikat tangki yang biasanya ditempatkan pada rangka motor.

2. Lepaskan Keran Tangki Bensin

Kita dapat melepaskan keran tangki bensin motor dengan memutarnya. Tuangkan sisa bahan bakar yang ada di dalam tangki ke dalam wadah yang disediakan sampai benar-benar habis

3. Cek Sisa Bahan Bakar

Kita dapat mengecek apakah sisa bahan bakar masih ada atau tidak dengan menggoyangkan tangki atau memiringkannya ke kanan atau ke kiri setelah bensin berhenti mengucur. Pastikan bensin telah benar-benar habis.

4. Tutup Lubang Outlet BBM

Kita dapat menutup lubang outlet bahan bakar dan mengisi tangki bensin motor dengan satu atau dua gelas bahan bakar yang sudah dikeluarkan. Setelah diisi dan ditutup, kocok tangki selama beberapa menit.

5. Bersihkan Kotoran di Tangki

Setelah melakukan langkah tersebut, buka kembali outlet bahan bakar dengan posisi outlet tangki berada di bawah. Posisi ini berfungsi untuk memudahkan kotoran yang mengendap di sekitar lubang outlet keluar dari tangki bensin motor.

6. Masukkan Kain Kering

Kemudian kita dapat menyiapkan kain halus. Kain tersebut kemudian dimasukkan ke dalam lubang penampung hingga ujung kain masuk ke tangki bensin motor. Untuk memastikan tangki kering, kita dapat menggoyangkannya kembali hingga tidak ada gemericik sisa bahan bakar.

7. Jika sudah kering maka kita bisa keluarkan kotoran-kotoran atau sisa karat yang mengelupas dari tangki bahan bakar.

8. Jika semua sudah bersih dan siap maka bisa kita rakit kembali tangki bahan bakar ke posisi semula.

Penyebab dan cara mengatasi karburator banjir

 

ilustrasi karburator

Penyebab dan cara mengatasi karburator banjir

Karburator adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor. Karburator ini berperan sebagai sistem pembakaran udara dan bahan bakar pada motor sehingga menjadikan tenaga.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada motor yang masih bersistem bahan bakar karburator. Salah satunya adalah terdapat rembesan bensin pada karburator atau biasa disebut karburator banjir.

Ada beberapa penyebab karburator banjir yaitu usia pemaikaian yang terlalu lama dan jarang atau bahkan tidak dipernah diservis.

Karburator banjir sebenarnya tidak akan menganggu kinerja mesin. Namun apabila bensin keluar terus, maka bahan bakar akan boros dan terbuang percuma.


Berikut adalah penyebab lain karburator mengalami banjir :

1. setelah diservice pemasangan sistem pelampung karburator kurang pas.

2. pemasangan untuk pembuangan yang kurang kencang.

3. Pilot jet atau Main jet tersumbat oleh kotoran.

Kebocoran karburator tidak bisa disepelekan atau diabaikan, dan memang harus segera diperbaiki. Tentu Anda tidak ingin terjadi masalah yang tidak dinginkan pada motor kesayangan. Terlebih kebocoran karbu sering kali tidak terlihat secara visual, sehingga kita tidak tahu apakah karburator motor banjir atau tidak.

ilustrasi karburator


Berikut ini adalah tanda-tanda karburator mengalami kebocoran :

1. Kaburator yang sering mengalami banjir dapat menyebabkan mesin susah untuk dihidupkan. Namun, hal tersebut tidak mengganggu performa mesin.

2. Ketika motor sedang dipanaskan akan mati dengan sendirinya.

3. Muncul bau bensin yang dikeluarkan dari knalpot.

4. Akan terasa lebih boros, karena bensin terbuang begitu saja.

5. saluran ventilasi karburator pasti akan meneteskan bensin.

6. Karburator banjir akan menyebabkan tetesan ke ruang udara.

7. Bau bensin yang menyengat di sekitar motor.

Tanda-tanda karburator banjir di atas harus kita ketahui agar kita dapat memutuskan untuk memperbaiki karburator atau harus mengganti dengan karburator yang baru.


Berikut ini cara mengatasi karburator yang banjir :

Kita bisa melakukan pembongkaran agar dapat mengetahui dimana yang mengalami kerusakan atau karena salah seting, kemudian kita mengecek bagian needlve valve atau sistem pelampung supaya dapat bekerja seperti semula.

Lepaskan mangkuk karbu yang terletak dibawah karburator, kemudian cek apakah pelampung masih layak dipakai atau tidak.

kemudian cukup menekan pelampung ke bawah dengan hati-hati karena apabila berlebihan dapat mengakibatkan kebengkokan pada lengan nedle valve, pastikan mengecek kondisi nelde valve memiliki permukaan rata.

Wajib kita cek lubang dari pilot jet dan main jet apakah ada kotoran yang menyumbat, jika ada kotoran yang menyumbat maka bisa kita semprot dengan angin kompresor atau ditiup sekencangnya agar kotoran yang menyumbat bisa keluar dan tidak lagi menyebabkan banjir pada karburator.

Cek baut jalur pembuangan, jika masih kendor maka bisa dikencangkan.

Itulah penyebab dan cara mengatasi karburator banjir.

Monday, March 13, 2023

Cara menyetel karburator Suzuki Satria F agar lebih irit

ilustrasi gambar

 Cara menyetel karburator Suzuki Satria F agar lebih irit.

Karburator merupakan komponen yang sangat penting pada motor, karburator berfungsi untuk proses pembakaran.

Karburator bertugas untuk mengumpulkan dan mencampur udara serta bahan bakar dari kendaraan.

Sehingga bahan bakar bisa menjadi lebih mudah terbakar dan menjadi tenaga pada motor.

Tapi apa yang terjadi jika kita salah dalam menyetel atau meyenting karburator? Jawabannya adalah karburator akan menjadi lebih boros bahan bakar dan motor pun tidak bertenaga dan mengalami brebet atau tersendat.

Maka dari itu disini saya akan memberikan tips bagaimana cara menyetel karubarator agar bisa lebih irit dan pastinya tetap bertenaga terlebih pada motor Satria F.

Bagaimana caranya dan apa saja langkah-langkahnya, mari kita bahas.

Ilustrasi karburator

Langkah pertama.

Pertama hidupkan mesin terlebih dahulu motor Satria F anda, kemudian putar setengah gas saja, tidak perlu full gas ya.

Kemudian jika sudah maka putarlah jarum setelan angin-angin ke kanan atau serarah jarum jam sampai habis/mentok (posisi mesin tetap hidup).

Maka biasanya mesin akan mati dengan sendirinya jika setelan angin sudah habis/mentok.

Jika mesin mati dengan sendirinya maka hidupkan kembali mesin motor Satria F anda dan gas tetap diputar setengah agar tidak mati.

Kemudian langkah berikutnya putar kembali jarum setelan angin-angin ke kiri atau berlawanan arah jarum jam. Putar ke kiri dengan hitungan 2,5 putaran saja, cara menghitung putarannya, titik awal mentok putaran ke kanan tadi dan putar lagi ke kiri ke titik yang sama ke putaran awal mentok tadi itu hitungannya 1 putaran, jadi hitunglah sampai 2,5 putaran.

Kemudian lepas putaran gas dan mesin tidak akan mati, jika sudah kita baru mencari langsamnya mesin motor, caranya putar setelan jarum stationer menurut filing anda sendiri, jika dirasa cukup langsam dan stationer sudah setabil maka cara pertama sudah selesai.

Ilustrasi karburator

Cara yang kedua.

Cara yang kedua ini juga cukup berpengaruh pada stelan karburator agar bisa tetap irit bahan bakar namun juga tetap bertenaga.

Caranya buka tutup jarum skep yang berhubungan dengan kabel gas, biasanya Satria F menggunakan dua baut untuk membuka tutup jarum skepnya.

Jika sudah terbuka, copot per yang ada di jarum skep agar pengunci jarum skep mudah terbuka.

Jika sudah terbuka copot jarum skepnya dan posisikan ring kecil yang ada di jarum skep ke posisi garis nomor tiga dari atas. Karena itu adalah ukuran setandart setelan pada motor.

Lalu apa yang terjadi jika posisi ring kecil berada di garis nomor satu atau dua? Ya bisa lebih irit namun motor menjadi kurang bertenaga, kalau di posisi garis nomor empat atau lima, motor cenderung lebih boros bahan bakar namun motor jadi ngempos.

Jika kedua cara diatas sudah dilakukan maka sudah selesai cara menyetel karburator Satria F agar lebih irit. Dan bisa anda bandingkan tingkat keborosan dan keiritannya pada setelan sebelumnya.

Itulah pembahasan saya mengenai tips agar karburator tetap irit dan bertenaga.

Jika ada yang perlu ditanyakan, boleh tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah.

Saturday, March 11, 2023

Cara agar nafas suzuki tornado bisa panjang dan tenaga lebih responsif

Ilustrasi selang induksi

 Cara agar nafas suzuki tornado bisa panjang dan tenaga lebih responsif


Buat kalian pemilik suzuki tornado pasti pengen motornya bisa kencang dan nafas bisa panjang seperti layaknya yamaha f1zr.

Namun ciri khas dari suzuki tornado memang tidak bisa sama dengan ciri khas dari f1zr atau 2tak lainnya.

Tapi jangan khawatir, saya akan berbagi tips bagaimana cara agar nafas tornado menjadi panjang dan tenaga bisa lebih responsif tanpa oprek mesin, dan cara yang akan saya bagikan ini adalah cara dari systemnya suzuki RGR yaitu triple S (SSS).

Penasaran bagaimana caranya, mari kita bahas.

Langkah pertama siapkan selang high preasure/selang tekanan tinggi seperti yang digunakan pada selang kompor gas atau kompresor, pilih yang ukuran 8.5mm 5 lapis dan potong selang dengan panjang 1,5M boleh lebih (lebih panjang lebih baik).

Langkah kedua siapkan manipul karburator, lubangi manipul karburator menjadi 2 lubang kanan kiri sejajar seukuran sama dengan diameter dalam selangnya.

Langkah ketiga siapkan baut ukuran 12 atau sesuai dengan lubang manipul karbu yang sudah dilibangi tadi.

Lubangi bagian tengah baut agar bisa menjadi jalan angin/udara dari dalam manipul karburator ke selang.

Berikutnya langkah terakhir pasang selang yang sudah dipotong dengan ukuran 1,5M tadi, pasang ke baut yang sudah nempel dimanipul yang sudah dilubangi bagian dalam bautnya.

Untuk pemasangan baut ke manipul karburator agar tetap kencang dan aman baiknya manipul dibuat drat untuk jalan baut atau bisa juga di lem menggunakan plastik steel/dexton, lem besi.

Pasang selang dari manipul kanan ketemu lubang manipul kiri sejajar, lingkarkan selang ke rangka agar rapi dan jangan sampai pemasangannya tertekuk, bertujuan untuk lancarnya sirkulasi udara. 

Jika semua sudah terpasang maka silahkan coba hasilnya dan pastinya motor anda menjadi lebih responsif, bertenaga, dan nafas menjadi lebih panjang.

Ini adalah sistem dari suzuki RGR dengan system triple S (SSS). Bisa juga menggunakan system tabung induksi namun saya lebih suka dengan sistem RGR karena lebih responsif dibandingkan sistem tabung induksi.

Itulah tips dari saya dan silahkan mencoba semoga bermanfaat. Jika dirasa kurang jelas atau ada pertanyaan maka tinggalkan komentar kalian di kolom komentar yang tersedia dan saya akan jawab secepatnya.

Komponen Dasar Sepeda Motor Beserta Fungsinya

 

ilustrasi gambar

Komponen Dasar Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Sepeda motor merupakan kendaraan roda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris depan belakang lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil karena disebabkan oleh adanya gaya giroskopik.

Sedangkan jika pada kecepatan rendah kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh sang pengendara.

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan favorit di Negara Indonesia, fungsi dari sepeda motor antara lain untuk memudahkan dan membantu aktivitas sehari-hari seperti pergi dan pulang kerja, pergi ke sekolah, sunmory, motoran santai bersama keluarga kecil, atau pergi dengan pacar, mengangkut barang, dan lain sebagainya.

Sepeda motor merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang lebih awal ditemukan. Pada tahun 1868, Michaux ex Cie menjadi perusahaan pertama di dunia yang memproduksi masal sepeda. Perusahaan tersebut kemudian mengembangkan mesin uap sebagai penggerak dari sepeda.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan komponen dasar beserta fungsinya dari sepeda motor, apa sajakah komponen dasar dari sepeda motor, mari kita bahas.

Pada sepeda motor terdapat tiga komponen bagian antara lain:

Komponen mesin

Komponen chasis

Komponen system kelistrikan

Komponen mesin dibagi lagi menjadi dua komponen utama yaitu

System pembangkit daya

System pemindah daya

System Pembangkit Daya.

1. System pembangkit daya berfungsi sebagai sumber tenaga penggerak, merubah energi panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar menjadi energi mekanik.

2. System pelumasan berfungsi untuk melindungi komponen logam yang bergerak dengan lapisan oli, mengurangi panas akibat gesekan dan mendinginkan komponen.

3. System pendinginan berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

4. System pemasukan bahan bakar berfungsi untuk merubah bahan bakar menjadi gas campuran udara bahan bakar yang siap diledakan di dalam ruang bakar. 

5. Exhaust system/ system pembuangan berfungsi untuk membuang gas sisa campuran bahan bakar dari ruang pembakaran.

System Pemindah Daya.

1. System pemindah daya terdiri dari system mekanisme kopling yang berfungsi untuk memutus dan menyambung putaran mesin ke mekanisme transmisi.

2. Mekanisme gear berfungsi untuk mengatur kecepatan mesin yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi kendaraan.

3. Transmisi berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin dari mekanisme gear ke roda belakang.

4. Mekanisme kick starter berfungsi untuk meneruskan putaran dari kick crank ke crank saft, sehingga crank shaft dapat berputar dan menggerakkan piston.

 Komponen Chasis terdiri dari :

Rangka utama

Rangka utama berfungsi untuk tempat dudukan mesin dan mekanisme kemudi.

System suspensi roda depan

System suspensi roda depan berfungsi untuk meredam getaran dari jalan yang tidak rata, dudukan roda depan, dan penentu arah sepeda motor.

System suspensi roda belakang

System suspensi roda belakang berfungsi untuk memegang roda belakang, meredam getaran dari jalan yang tidak rata dan menjaga keseimbangan sepeda motor bagian belakang agar tetap stabil.

Ban dan system rem 

Komponen ini berfungsi untuk menopang rangka, sedangkan system rem akan mengurangi atau menghentikan roda.

Tangki, Jok dan fender 

Komponen system kelistrikan terdiri dari :

Headlamp atau lampu utama,lampu sein depan, lampu indicator speedometer, lampu rem, dan lampu sein belakang.

Ignition system terdiri dari :

Busi

Koil

Cdi

Komponen bagian dari system pengapian berfungsi untuk menghasikan pijaran listrik bertegangan tinggi untuk membakar campuran bensin dan udara yang diperlukan.

Mekanisme starter berfungsi untuk memutar crank shaft dengan menggunakan tenaga listrik.

Charging system adalah system yang berfungsi untuk mengisi Kembali muatan listrik yang tersimpan pada accu/aki.

Itulah komponen dasar dari sepeda motor beserta fungsinya. Jika ada pertanyaan lain silahkan tinggalkan koment kalian.

Thursday, March 09, 2023

4 Deretan Mobil City Car Harga 60 Jutaan

 

ilustrasi mobil

4 Deretan Mobil City Car Harga 60 Jutaan

Mobil kota atau city car adalah mobil kecil yang diperuntukkan untuk penggunaan di dalam kota. City car memiliki peforma lebih tinggi dan tingkat keselamatan yang lebih baik dari mobil mikro.

Disamping  mobil city car memiliki dimensi yang kecil dan bobot tidak begitu berat, mobil city car juga memiliki keunggulan yaitu bisa melakukan manuver dengan lebih lincah.

Entah itu ketika sedang berada di jalanan sempit, ketika sedang berada di jalanan macet bahkan di tempat parkir yang terbatas.

Mobil jenis city car ini juga sangat recomended untuk kreluarga kecil atau untuk anda yang tinggal di daerah padat penduduk yang minim tempat parkir.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas 4 deretan mobil city car dengan harga 60 jutaan, mobil city car apa sajakah itu, mari kita bahas.

1.Toyota Yaris Gen-1

Toyota Yaris Gen-1 tidak sepreti pesaingnya dan tidak juga dengan kebiasaan Toyota yang minim fitur, karena di Toyota yaris Gen-1 ini hampir semua fitur disematkan, sehingga jika dibanding dengan Yaris terbaru pun tidak kalah.

Toyota Yaris memiliki beberapa type dari type terendah samapai type paling tinggi, dan dari masing-masing type memiliki harga yang berbeda.

Dan yang akan saya bahas adalah Toyota Yaris S limited atau bisa disebut dengan type tertinggi, Yaris S limited sudah dilengkapi dengan ABS, Airbag, dan sudah dilengkapi dengan keyles, dan sudah memiliki start stop engine.

Toyota Yaris sangat recomended untuk dimiliki karena perawatan sangat mudah dan spare part mudah dicari.

Berikut fitur dari Toyota Yaris yaitu, sudah dilengkapi dengan :

  • ·         Power steering
  • ·         Power window  
  • ·         Start stop button
  • ·         Electric mirror
  • ·         Dual SRS air bag
  • ·         Ac single blower
  • ·         Rem cakram depan belakang
  • ·         Dan sudah ABS

Toyota Yaris mengusung mesin dengan kode 1NZFE berkapasitas 1498cc 4 silinder, 16 katup DOHC, memiliki tenaga maksimal 107Hp dan torsi maksimal 142Nm, dengan transmisi maual 5 percepatan atau matic 4 percepatan dan berpenggerak roda depan.

Kelebihan Toyota yaris :

·         Mesin bandel dan handal

·         Akselerasi responsif

·         Perawatan mudah

·         Sparepart mudah dan murah

·         Handlimg stabil

·         Suspensi empuk dan nyaman

Kekurangan Toyota Yaris :

·         Design kurang bagus ( membulat )

·         Kabin dan bagasi sempit

·         Suara ban masuk kedalam kabin

Konsumsi BBM :

·         Luar kota : 1L / 13-16Km

·         Dalam Kota : 1L/ 9-10 Km

Untuk harga Toyota Yaris sekitar 60-90 Jutaan.

2. Honda Jazz GD3 V-Tech

Honda Jazz pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2005, Honda jazz adalah mobil yang paling diminati oleh hampir seluruh masyarakat terutama untuk anak muda karena design yang sporty dan gagah.

Di Indonesia Honda Jazz mendapat perlawanan yang ketat sejak tahun 2006 sampai sekarang untuk model gen-1 ini tetap masih banyak penggemarnya, namun  dari segi fitur Honda Jazz masih kalah dari Toyota Yaris gen-1.

Ada dua type di gen-1 yaitu type IDSI dan V-tech, namun yang akan saya bahas kali ini adalah type V-tech.

Fitur Honda Jazz

·         Power window

·         Electric mirror

·         Tilt steering

·         Electric Power Steering (EPS)

·         Ac

·         Lampu bagasi dan

·         Ban cadangan full size

Honda Jazz mengusung Mesin dengan kode L15a berkapasitas 1500cc SOHC, 4 silinder 16 katup V-tech, tenaga maksimal mencapai 118 Hp dan torsi maksimal 145 Nm dengan transmisi matic 4 percepatan CVT dan untuk manual 5 percepatan. Dengan berpenggerak roda depan.

Kelebihan Honda Jazz

·         Desain sporty

·         Mesin bandel dan bertenaga

·         Perawatan mudah

·         Harga sparepart murah

·         Akselerasi responsif

·         Handling stabil

·         Kabin dan bagasi luas

Kekurangan Honda Jazz

·         Minim akomodasi

·         Bantingan suspensi cenderung keras

·         Suara ban masuk kedalam kabin

·         Transmisi matic cvt sudah banyak yang mulai bermasalah

Konsumsi BBM

·         Dalam Kota : 1L/ 11-12Km

·         Luar Kota : 1L/ 15-17Km

Untuk harga Honda Jazz dibandrol dengan harga 60-90 jutaan tergantung kondisi dan typenya.

3.Chevrolet Aveo 2013

Chevrolet gen-2 hadir sejak tahun 2012, city car ini termasuk paling laris di dunia. Namun di Indonesia mobil ini malah sulit bersaing dengan merk yang sudah besar.

Namun dengan demikian city car hatch bag ini bisa menjadi pilihan anda jika bosan dengan merk itu-itu saja dan juga cocok untuk anda yang suka dengan anti mainstream.

Fitur Chevrolete Aveo

  • ·         Rem ABS
  • ·         Power window
  • ·         Electric mirror
  • ·         Auto headlamp
  • ·         Speedometer digital
  • ·         Tilt steering switch
  • ·         Dua SRS airbag
  • ·         Ac dengan penganturan arah semburan lengkap
  • ·         Lampu bagasi

Chevrolet Aveo mengusung mesin dengan kode Ekotek brkapasitas 1389cc 4 silinder 16 katup DOHC MPI, tenaga maksimal mencapai 100Hp dan torsi maksimal mencapai130Nm, dengan transmisi manual 5 percepatan, dan matic triptonic 6 percepatan, berpenggerak roda depan.

Kelebihan Chevrolet Aveo

  • ·         Design sporty dan agresif
  • ·         Mesin bandel
  • ·         Suspensi nyaman dan empuk
  • ·         Kabin luas
  • ·         Kekedapan kabin cukup baik

Kekurangan Chevrolet Aveo

  • ·         Mesin kurang responsif
  • ·         Sparepart dan perawatan mahal
  • ·         Kursi belakang minim akomodasi

Konsumsi BBM

·         Dalam kota : 1L/ 8-9Km

·         Luar kota : 1L/ 11-12Km

Untuk harga sekitar 70-90 jutaan

4.Toyota Etios Valco

Etios Valco memiliki pesaing yaitu Honda Brio dan Daihatsu Sirion, tapi sayangnya kehadiran Etios valco ini kurang peminat dari masyaraakat.

Kebanyakan masyarakat lebih memilih Toyota Agya, karena Etios Valco ini dari kualitas bodi yang cenderung tipis dan fitur yang biasa-biasa saja membuat orang berpikir dua kali untuk memilikinya.

Sebenarnya secara peforma Etios Valco ini tidak buruk dan selayaknya mobil Toyota pada umumnya, dan bahkan Etios Valco berada di atas LCGC.

Fitur Etios Valco

  • ·         Power window
  • ·         Dua SRS airbag
  • ·         Ac dengan pengaturan semburan lengkap
  • ·         Wiper belakang

Etios Valco mengusung mesin dengan kode 3nrfe berkapasitas 1197cc, 4 silinder segaris 16 katup DOHC, tenaga maksimal mencapai 78Hp dan torsi maksimal 104Nm dengan transmisi manual 5 percepatan berpenggerak roda depan.

Kelebihan Chevrolet Aveo

·         Mesin bandel

·         Perawatan mudah

·         Akselerasi responsif

·         Handling stabil

·         Kabin dan bagasi lega

·         Suspensi empuk

·         Kopling ringan

Kekurangan Etios Valco

·         Desain kurang menarik

·         Plat bodi tipis

·         Mesin masih konvensional

·         Gear rasio kurang cocok ditanjakan

·         Lampu utama kurang terang

·         Atap berisik saat hujan

·         Kekedapan kabin kurang bagus

·         Tidak ada varian transmisi maticnya

Konsumsi BBM

·         Dalam kota : 1L/ 12-14Km

·         Luar kota :  1L/ 15-16Km

Untuk harga Etios Valco sekitar 70 jutaan.

Itu dia rekomendasi deretan mobil city car harga 60 jutaan, sangat cocok untuk anda yang tinggal di komplek padat penduduk dan minim lahan parkir. Bisa juga cocok untuk keluarga kecil.